SMA Swasta St. Xaverius Gunungsitoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Swasta St. Xaverius Gunungsitoli
Informasi
Didirikan1984
AkreditasiA
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
KurikulumKurikulum 2013
Alamat
LokasiJl. Nilam No. 7 Gunungsitoli, Gunungsitoli, Sumatera Utara
Situs webwww.stxaveriusgunungsitoli.sch.id
Moto

SMA Swasta St. Xaverius Gunungsitoli adalah salah satu Sekolah Menengah Atas Swasta Katolik di Kota Gunungsitoli yang berada di bawah naungan Yayasan Budi Bakti Keuskupan Sibolga. Sekolah ini juga terletak di satu komplek bersamaan dengan SD Swasta RK Mutiara dan SMP Swasta Bunga Mawar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Swasta Santu Xaverius Gunungsitoli adalah salah satu SMA yang dikelola oleh Yayasan Budi Bakti Keuskupan Sibolga. SMA Swasta Santu Xaverius Gunungsitoli didirikan sebagai salah satu karya nyata Gereja dalam dunia pendidikan.

SMA Swasta Santu Xaverius didirikan dan mulai menerima peserta didik baru pada tahun 1984. Didedikasikan di bawah perlindungan seorang Santo bernama Santu Fransiskus Xaverius.

Fransiskus Xaverius adalah seorang yang digelari kudus dalam Gereja katolik pada tahun 1662 oleh Paus Gregorius XV; dan oleh Paus Pius X, -karena teladan hidupnya,- diangkat menjadi pelindung utama misi. Sebagai seorang pendekar misi, beliau sangat giat mendirikan sekolah-sekolah dan dengan semangat yang sangat heroik mewartakan Injil kepada bangsa-bangsa Asia, termasuk Indonesia. Maka menurut namanya, sekolah ini dinamai SMA Xaverius, dengan harapan bahwa semangat dan jiwa Santu Fransiskus Xaverius dihayati dan dihidupi oleh SMA Xaverius dan seluruh warganya dalam menjalankan visi dan misi.

Halang rintang telah dilalui, masa depan gemilang nan jaya dijelang. Dalam usia yang tidak tergolong muda SMA Swasta Santu Xaverius telah melahirkan tokoh-tokoh baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional. Hingga kini SMA Xaverius senantiasa berkomitmen untuk tetap berusaha dan memberikan layanan pendidikan yang bermutu untuk wewujudkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter.

Fasilitas Sekolah[sunting | sunting sumber]

  • Ruang Kelas : 12
  • Laboratorium IPA : 1
  • Laboratorium Bahasa : 1
  • Laboratorium Komputer : 1
  • Perpustakaan : 1
  • Ruang OSIS
  • Lapangan Basket, Badminton, Futsal. Tenis Meja
  • Kantor Guru, Tata Usaha, Kantor Kepala Sekolah, Ruang BK, Ruang UKS

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

  • RuperXav adalah singkatan dari Rubrik Pelajar Xaverius. Ekstrakurikuler ini merupakan tempat untuk melatih dan mengasah kecerdasan spiritual-emosional, mempelajari lebih mendalam tentang ilmu agama dan mempraktikkannya. Setiap anggota diharapkan dapat menjadi terang dan garam bagi orang lain, karena ilmu pengetahuan tanpa agama sama dengan buta dan agama tanpa pengetahuan sama dengan lumpuh (Albert Einstein).
  • Pramuka adalah ekstrakuriler yang bertujuan membina mental para anggotanya, agar menjadi pribadi yang disiplin, jujur dan bertanggungjawab. Kepramukaan ditujukan kepada pendidikan jasmani dan juga rohani yang disampaikan secara menyenangkan lewat berbagai kegiatan dengan menggunakan metode-metode kepramukaan.
  • Paduan suara adalah kegiatan ekstrakurikuler yang dikhususkan bagi siswa-siswa yang berbakat dalam seni tarik suara. Dibimbing oleh guru profesional dan telah menjurai berbagai lomba dan memeriahkan beberapa kegiatan nasional.
  • Sanggar Magai merupakan ekstrakurikuler yang dikhususkan bagi siswa-siswa yang berbakat dan tertarik untuk mengembangkan budaya dan kearifan lokal, khususnya budaya Nias. Dalam sanggar bakat-bakat diasah dan dikembangkan dengan pendampingan guru yang telah berpengalaman. Sanggar Magai telah tampil dan diundang diberbagai kegiatan tingkat daerah dan nasional.
  • Band adalah ekstrakurikuler yang dikhususkan bagi mereka yang menyukai music modern, khususnya band. Dalam ekstrakurikuler ini para siswa didampingi dan dibimbing sehingga dengan keterampilan yang dimiliki dapat menjadi modal untuk hidupnya kelak. Dibimbing oleh guru yang profesional dan telah berpengalaman.
  • Paskas adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Sekolah. Kegiatan Paskas senantiasa bermuara pada pembentukan kepribadian yang disiplin, bertanggungjawab dan cinta tanah air. Anggota Paskibraka biasanya dipilih dari anggota paskas ini, dan setiap tahun anggota Paskas lulus seleksi Pasukan Bendera Kab/Kota bahkan ke tingkat Provinsi.
  • Marching Band adalah ekstrakurikuler yang menampung lebih banyak siswa-siswa yang berbakat musik, tari dan koreografi. Telah memeriahkan berbagai acara, baik acara pihak sekolah sendiri maupun acara yang diselenggarakan oleh pemerintah dan badan-badan swasta.
  • Xaport adalah singkatan dari Xaverius Sport, tempat dimana siswa-siswa berbakat berbagai bidang olehraga mengembangkan bakatnya. Xaport sendiri terdiri dari bidang Volley Ball, Futsal, Badminton, Tenis Meja, dan Bola Basket. Dibimbing oleh para guru profesional dan berpengalaman.
  • Xave IT adalah singkatan dari Xaverius Informatika dan Komunikasi. Ekstrakurikuler ini merupakan tempat bagi para siswa yang berminat dalam dunia fotografi, pembuatan film dan penguasaan IT, karena penguasaan IT merupakan standar kecakapan hidup di dunia serba digital. Didimbing oleh Guru yang profesional dan berpengalaman.
  • Pencak Silat Merpati Putih adalah tempat untuk membina kepribadian para anggotanya, sehingga seimbang antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional-spiritual. Menyalurkan agresifitas, menyehatkan badan dan mengurasi keterlibatan dalam dunia kenakanalan remaja.
  • Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Ekstrakurikuler ini dibina langsung oleh Anggota Satlantas Polres Nias. Para anggota PKS diajar dan dilatih mengenali dan mengatur lalu lintas. Sangat cocok untuk peserta didik yang bercita-cita jadi anggota Polri. Untuk melatih mereka setiap hari mereka membantu mengatur lalu lintas di dekat sekolah di bawah pengawas para polisi lalu lintas.
  • Engish Club is school’s programme for students who those are interested in English. But school have noticed the necessity that some student are not able to speak English well they can join in it. Xaverius senior high school provides two classes. They are active class and passive class. The active class is a programme which is addressed for the students who can talk English very well. They will discuss issues, topics or anything else that they are recent updates news. Meanwhile for passive class all the students can study can study English in general how they know more about English in a simple way. So this best is one the activity extracurricular that the students can chose after school.
  • Klub Matematika Klub pelajaran matematika diperuntukkan bagi para peserta didik yang memiliki minat lebih untuk pelajaran matematika. Mereka akan dibimbing oleh guru matematika dan dilatih untuk mengerjakan berbagai bentuk soal. Biasanya peseta olimpiade matematika diambil dari kelompok ini.
  • Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja Palang Merah Indonesia. Kegiatan PMR berkisar tentang kegiatan-kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah. Di bombing oleh para guru dan didampingi oleh anggota Palang Merah Indonesia Kota Gunungsitoli.

Referensi[sunting | sunting sumber]