Katharine, Adipatni Kent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Katharine, Istri Adipati Kent, GCVO (lahir Katharine Lucy Mary Worsley, 22 Februari 1933) adalah anggota Keluarga Kerajaan Iggris. Dia menikah dengan Pangeran Edward, Adipati Kent, cucu dari Raja George V.[1]

Katharine
Istri Adipati Kent
Istri Adipati Kent dengan seekor koala di Brisbane
Kelahiran22 Februari 1933 (umur 91)
Aula Hovingham, Yorkshire, Inggris
WangsaWorsley (melalui kelahiran)
Wangsa Windsor (melalui pernikahan)
AyahTuan William Worsley, Baronet ke-4
IbuJoyce Brunner
Pasangan
(m. 1961)
Anak
AgamaKatolik Roma
(sebelumnya Anglikan)

Istri Adipati Kent berpindah ke Katolik Roma pada tahun 1994. Sang Istri Adipati berasosiasi dengan dunia musik dan mempunyai beberapa member grup musik.[2]

Pada tahun 2022, dia menjadi anggota keluarga kerajaan Inggris tertua yang masih hidup setelah kematian Ratu Elizabeth II.[3]

Kehidupan Awal dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Katharine Lucy Mary Worsley lahir di Hovingham Hall, Yorkshire, anak keempat dan putri satu-satunya dari Sir William Worsley, Baronet ke-4, Lord-letnan North Riding, dan istrinya Joyce Morgan Brunner (1895–1979). Ibunya adalah putri tunggal Sir John Brunner, Baronet ke-2, dan cucu dari Sir John Brunner, Baronet ke-1, pendiri Brunner Mond, yang kemudian menjadi ICI (Imperial Chemical Industries). Dia adalah keturunan Oliver Cromwell. Worsley dibaptis di Gereja All Saints, Hovingham, pada tanggal 2 April 1933. Orang tua baptisnya adalah paman dari pihak ibu Sir Felix Brunner, Baronet ke-3, Mayor Sir Digby Lawson, Baronet ke-2, bibi dari pihak ayah Lady Colegate, dan Margaret D'Arcy Fife dari Balai Nunnington.

Worsley tidak menerima pendidikan formal sampai dia berusia 10 tahun. Dia menempuh pendidikan di Queen Margaret's School, York, dan di Runton Hill School di North Norfolk. Di sekolah, dia diperkenalkan dengan musik, dan diajari bermain piano, organ, dan biola, yang masih dia mainkan sampai sekarang. Pada tahun terakhirnya di Runton Hill, dia secara resmi terpilih sebagai sekretaris musik; dalam peran ini, dia mengorganisir pertunjukan sekolah di Norwich. Dia meninggalkan sekolah dengan lulus dalam bahasa Prancis lisan dan "sangat bagus" dalam sastra Inggris.

Adipatni telah menyatakan kekagumannya pada mendiang pemain cello Jacqueline du Pré dalam film dokumenter Who is Jacqueline du Pré? oleh Christopher Nupen. Dia kemudian bekerja selama beberapa waktu di panti asuhan di York dan bekerja di sekolah taman kanak-kanak di London. Dia gagal masuk ke Royal Academy of Music, tetapi mengikuti saudara laki-lakinya ke Oxford – tempat mereka berada di Universitas – untuk belajar di Miss Hubler's Finishing School, 22 Merton Street, mencurahkan sebagian besar waktunya untuk musik. Dia adalah salah satu dari delapan murid di sana dan diajar oleh tiga guru berbeda: Kepala sekolah, Nona Hubler, mengajar sastra, lukisan, dan sejarah Prancis; seorang wanita Perancis mengajar masakan; dan seorang wanita Wina mengajar musik.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Worsley bertemu Pangeran Edward, Adipati Kent, putra tertua Pangeran George, Adipati Kent, dan Putri Marina dari Yunani dan Denmark, saat dia bermarkas di Catterick Camp. Pada tanggal 8 Juni 1961, pasangan tersebut menikah di York Minster, pernikahan kerajaan pertama di lokasi tersebut dalam 633 tahun (yang terakhir terjadi antara Edward III dan Philippa dari Hainault). Ayah pengantin wanita mengantarnya, dan pendamping pria adalah saudara laki-laki Edward, Pangeran Michael dari Kent. Putri Anne adalah salah satu pengiring pengantin. Uskup Agung York Michael Ramsey memimpin upacara pernikahan. Para tamu termasuk aktor Noël Coward dan Douglas Fairbanks Jr. serta anggota keluarga kerajaan Inggris, Yunani, Denmark, Norwegia, Yugoslavia, Rumania, dan Spanyol. Gaun kasa sutra putihnya dirancang oleh John Cavanagh, menggunakan kain sepanjang 273 yard dan memiliki "garis leher tinggi dan lengan panjang serta kereta yang menawan". Tiara Kent Diamond dan Pearl Fringe mengamankan kerudungnya.

Pasangan ini memiliki tiga anak yang masih hidup:

  • George, Earl of St Andrews, lahir 26 Juni 1962 di Coppins; menikah dengan Sylvana Tomaselli
  • Lady Helen Taylor, lahir 28 April 1964 di Coppins; menikah dengan Timotius Taylor
  • Lord Nicholas Windsor, lahir 25 Juli 1970 di Rumah Sakit King's College di London; menikah, 2006, Paola Doimi de Lupis de Frankopan

Katharine melakukan aborsi spontan pada tahun 1975 karena rubella dan melahirkan seorang anak laki-laki yang lahir mati, Patrick, pada tahun 1977; kehilangan ini mengirimnya ke dalam depresi berat yang telah dia bicarakan di depan umum. "Hal ini memberikan dampak yang paling buruk bagi saya," katanya kepada The Daily Telegraph pada tahun 1997. "Saya tidak tahu betapa buruknya hal ini bagi wanita mana pun. Hal ini membuat saya sangat memahami orang lain yang menderita bayi lahir mati."

Adipatni pindah ke tempat tinggal pernikahan di Hong Kong dan Jerman saat suaminya bertugas di militer. Pasangan ini kemudian melakukan banyak pertunangan kerajaan atas nama Ratu, termasuk perayaan kemerdekaan Uganda dan penobatan Raja Tonga.


Pindah ke Katolik[sunting | sunting sumber]

Duchess of Kent diterima di Gereja Katolik pada tahun 1994. Ini adalah keputusan pribadi, dan dia mendapat persetujuan dari Ratu. Seperti yang dia jelaskan dalam sebuah wawancara di BBC, "Saya sangat menyukai pedoman dan Gereja Katolik menawarkan Anda pedoman. Saya selalu menginginkan hal itu dalam hidup saya. Saya ingin tahu apa yang diharapkan dari saya. Saya suka diberi tahu: Anda harus pergi ke gereja pada hari Minggu dan jika tidak, kamu ikut serta!"

Meskipun Act of Settlement 170 berarti anggota keluarga kerajaan yang menikah dengan seorang Katolik melepaskan hak suksesi takhta Inggris, Undang-undang tersebut tidak mencakup pernikahan dengan seorang Anglikan yang kemudian menjadi Katolik. Oleh karena itu, Adipati Kent tidak kehilangan tempatnya dalam garis suksesi takhta Inggris.

Sejak itu, putra bungsu pasangan tersebut, Lord Nicholas, cucu mereka Lord Downpatrick, dan cucu perempuan mereka Lady Marina juga menjadi penganut Katolik. Putra sulung mereka, Earl of St Andrews, ayah dari Lord Downpatrick, menikah dengan seorang Katolik dan dengan demikian, telah dikeluarkan dari suksesi sampai Undang-Undang Suksesi Mahkota mencabut pengecualian tersebut pada tahun 2015. Dukedom of Kent tidak tunduk pada Undang-Undang Penyelesaian, jadi Downpatrick akan menjadi Adipati Kent.


Tahun-Tahun Berikutnya[sunting | sunting sumber]

Adipatni bersama Sir Walter Campbell dan Lady Campbell di Brisbane, 1992

Pada tahun 1978, Adipatni dirawat di rumah sakit selama beberapa minggu karena "ketegangan saraf". Laporan BBC menyebutkan bahwa Adipatni menderita penyakit celiac dan virus Epstein-Barr, yang gejalanya mirip dengan ME (myalgic encephalomyelitis, juga dikenal sebagai "sindrom kelelahan kronis"). Dia mengundurkan diri dari perannya sebagai ketua ME Society di Inggris, dan sejak itu dengan penuh semangat bekerja dengan berbagai badan amal dan sekolah.

Adipatni Kent masuk dalam daftar Pakaian Terbaik majalah Vogue Inggris selama beberapa tahun, dan pada tahun 1980 dia termasuk di antara Wanita Berpakaian Terbaik di International Best Dressed Hall of Fame.

Pada tahun 1999, Adipatni tidak diberi izin untuk mendudukkan putra berusia 12 tahun dari temannya yang berduka di Royal Box di All England Lawn Tennis and Croquet Club. Tempat duduk alternatif di luar kotak ditawarkan. Dia kemudian menerima apa yang dilaporkan The Daily Telegraph di halaman depan sebagai "surat singkat" dari ketua klub John Curry, yang mengingatkannya bahwa anak-anak, selain anggota keluarga kerajaan, tidak diizinkan berada di Royal Box. Dia, pada gilirannya, mengancam akan memboikot Royal Box.

Adipatni Kent memutuskan pada tahun 2002 untuk tidak menggunakan gelar "Yang Mulia" dan mengurangi tugas kerajaannya. Sejak itu, dia secara informal dikenal sebagai Katharine Kent atau Katharine, Adipatni Kent, meskipun gaya formalnya (misalnya, di Court Circular) tetap menjadi HRH The Duchess of Kent. Meskipun keputusannya untuk menjauh dari kehidupan publik, Adipatni terus tampil di acara-acara besar termasuk pernikahan Pangeran William dan Catherine Middleton pada tahun 2011, konser di Istana Buckingham dan kebaktian syukur di Katedral St Paul selama perayaan Yubelium Berlian Ratu pada tahun 2012 , dan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada tahun 2018. Namun, ia tidak menghadiri pemakaman Ratu pada tahun 2022 atau penobatan Raja Charles III pada tahun 2023.

Adipatni Kent di Trooping the Colour, Juni 2013

Gelar, Gaya, dan Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Gelar dan Gaya[sunting | sunting sumber]

Sejak pernikahannya, Katharine telah bergelar "Yang Mulia Adipatni Kent".

Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Freedom of the City[sunting | sunting sumber]

  • 1989: Freeman of the City of York[6]

Pengangkatan Militer Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Britania Raya United Kingdom

Formerly

Pejabat Sipil[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mosley, Charles, ed. (2003). Burke's Peerage, Baronetage & Knighthood (107 ed.). Burke's Peerage & Gentry. pp. 4243–4244. ISBN 0-9711966-2-1.
  2. ^ Cathcart, Helen (1971). The Duchess of Kent (First ed.). London: W.H. Allen. p. 31.
  3. ^ Le Petit Gotha
  4. ^ Vickers, Hugo (1994), Royal Orders, Boxtree, hlm. 34, ISBN 9781852835101 
  5. ^ a b c d e "The Duchess of Kent – Activities and interests". Royal.gov.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 September 2012. Diakses tanggal 11 September 2012. 
  6. ^ "Some Famous Honorary Freemen". The Gild of Freemen of the City of York. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 May 2013. Diakses tanggal 30 April 2022. 
  7. ^ "Yorkshire Volunteers History". Yorkshire Volunteers Regimental Association. Diakses tanggal 25 May 2018. 
  8. ^ "A Brief History of the Queen Mary's Army Auxiliary Corps, Auxiliary Territorial Service and Women's Royal Army Corps". Women's Royal Army Corps Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 May 2014. Diakses tanggal 18 May 2014. 
  9. ^ a b c "No. 52834". The London Gazette (2nd supplement). 13 February 1992. hlm. 2582. 
  10. ^ "Duchess steps down as University Chancellor" Diarsipkan 3 October 2006 di Wayback Machine., Leeds University Reporter, 424, 5 October 1998.