Lompat ke isi

Bénézet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Benezet)
Santo Bénézet
Lahirca. 1163
Hermillon, Savoy, Prancis
Meninggal1184
Dihormati diGereja Katolik Roma
Pesta14 April
Atributdigambarkan sebagai seorang anak laki-laki yang membawa sebuah batu besar di pindaknya.
PelindungAvignon; para bujangan; para pembuat jembatan

Santo Bénézet (sekitar 1163-1184) adalah seorang penggembala yang membangun jembatan, sehingga dikenal sebagai "Benezet si Pembangun Jembatan".[1] Ia dilahirkan di Hermillon, Savoy, Prancis.[1] Ia datang ke Avignon sekitar tahun 1178 karena mendapat mimpi di mana ia diminta membangun sebuah jembatan di atas sungai Rhein.[1][2] Ia meyakini bahwa mimpi itu berasal dari Tuhan, sehingga ia pergi ke uskup setempat dan menceritakan mimpinya, serta memohon supaya uskup membantunya.[2] Uskup merestui hal pembangunan jembatan tersebut dan bersedia membantu.[2] Selama 9 tahun Benezet mengerjakan proyek tersebut.[2] Ketika ia meninggal, jembatan itu belum selesai dikerjakan, dan baru selesai beberapa tahun kemudian.[1][2] Setelah Benezet meninggal, orang-orang di kota itu menghormatinya sebagai seorang santo.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) David Farmer. 1997. The Oxford Dictionary of Saints . New York: Oxford University Press. P. 50-51.
  2. ^ a b c d e f (Indonesia) Bernadette McCarver Snyder. 2001. 115 Kisah Santo-Santa yang Mengasyikkan. Yogyakarta: Kanisius. Hal. 33-34.