Anggrek merpati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anggrek merpati
Dendrobium crumenatum

Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmonocots
OrdoAsparagales
FamiliOrchidaceae
SubfamiliEpidendroideae
TribusMalaxideae
SubtribusDendrobiinae
GenusDendrobium
SpesiesDendrobium crumenatum
Sw.

Anggrek merpati (Dendrobium crumenatum) (Dendrobium crumenatum) merupakan anggrek yang cukup populer, sehingga dijuluki Anggrak Sejuta Umat. Anggrek ini mudah dikenali karena bentuk bunganya yang seperti burung merpati sedang terbang.

Anggrek merpati memiliki habitat hidup yang luas, mulai dari Indonesia, Singapura, Thailand, hingga ke Filipina dan Papua, sehingga mudah ditemui. Umumnya anggrek ini tumbuh sebagi efipit pada pohon-pohon, tidak saja di hutan bahkan sering terlihat di cabang-cabang pohon di pinggir jalan.

Kemmpuan hidup Anggrek Merpati sungguh hebat. Dia hampir tidak terpangaruh cuaca ekstrim. Meskipun di musim hujan atau panas, bisa dijumpai anggrek ini. Anggrek ini dapat bertahan hidup hampir dalam durasi waktu yang panjang. Ketinggian tempat hampir tidak berpengaruh terhadapnya, sehingga baik di dataran tinggi maupun dataran rendah dia bisa hidup.

Karakteristik Tanaman[sunting | sunting sumber]

Anggrek merpati mempunyai bunga dengan sepal dan petal berwarna putih. Sedangkan bentuk lidah (labellum) bervariasi dan memiliki warna putih dengan sedikit kekuningan. Bunganya beraroma harum, terutama di pagi hari. Bunganya dalam satu tangkai, bahkan dalam satu tanaman, mekar sering kali secara bersamaan. Tingkat mekar bunga dipengaruhi oleh perbedaan suhu yang ekstrem (misalnya: hujan deras pada musim kemarau).

Anggrek merpati termasuk dalam anggrek golongan simpodial dengan bentuk bulb membengkak pada bagian bawah dan pipih pada bagian atas. Akarnya bulat pipih berwarna putih memanjang. Anggrek ini termasuk anggrek yang rajin menghasilkan keiki.

Salah satu masalah bagi Anggrek Merpati adalah nasibnya kurang baik, dia kurang perhatian. Penyebabnya antara lain, ukuran bunganya yang jauh lebih kecil dibanding anggrek lainnya. Semakin tidak mendapatkan perawatan yang baik, misalnya penyiraman dan pemberian pupuk, maka semakin merangas, sehingga bunganya sedikit dan makin kecil-kecil. Untuk itu, memelihara dengan baik perawatan terhadap tanaman perlu dilakukan untuk mendapatkan kualitas bunga yang baik. Anggrek Merpati akan tampak indah apabila tumbuhnya subur sehingga bunganya lebat.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]