Gereja Damai Kristus, Kampung Duri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Damai Kristus
Gereja Katolik Paroki Damai Kristus, Kampung Duri
Gereja Damai Kristus, Kampung Duri
LokasiJl. Duri Selatan V, Jakarta Barat, Jakarta
NegaraIndonesia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusGereja paroki
Status fungsionalAktif
Administrasi
ParokiKampung Duri
DekenatBarat I
Keuskupan AgungJakarta
ProvinsiJakarta

Gereja Damai Kristus, Kampung Duri atau yang bernama lengkap resmi Gereja Paroki Damai Kristus, Kampung Duri adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat, Jakarta. Gereja ini berada dalam naungan Keuskupan Agung Jakarta dan didedikasikan kepada Damai Kristus.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Wilayah Kampung Duri awalnya merupakan bagian dari Gereja Bunda Hati Kudus, Kemakmuran. Pada tahun 1967, dibeli sebuah lahan empang di daerah Jamblang. Di atas lahan tersebut kemudian didirikan sekolah dan gereja. Pada 22 November 1987, status gereja ditingkatkan menjadi paroki mandiri.

Pada tahun 1999, sempat direncanakan untuk membangun gedung gereja yang lebih memadai. Pada 24 November 2002, Sekretaris Kedutaan Besar Vatikan untuk Indonesia, R.D. Christophe Zakhia El-Kassis memberkati gedung gereja yang mengalami renovasi.[2]

Pada tahun 2007, sempat terjadi penolakan dari masyarakat sekitar saat hendak mengajukan izin mendirikan bangunan. Izin mendirikan bangunan kemudian terbit pada 20 Desember 2021 dalam sebuah seremoni yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo.[3] Satu hari setelahnya, izin mendirikan bangunan juga diberikan kepada Gereja Kalvari, Lubang Buaya. Gedung gereja yang baru diberkati pada 16 April 2023 oleh Kardinal Suharyo.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Paroki Kampung Duri – Damai Kristus". 14 Desember 2011. Diakses tanggal 23 Mei 2024. 
  2. ^ Inung R Sulistyo (22 Desember 2021). "Resmi Dapat IMB dari Gubernur Anies Baswedan, Berikut Perjalanan Pembangunan Gereja Katolik Damai Kristus". Pikiran Rakyat Media Network. Diakses tanggal 23 Mei 2024. 
  3. ^ "Serahkan IMB Gereja di Duri Selatan, Gubernur Anies Pastikan Kesetaraan dan Keadilan Tumbuh di Jakarta". www.beritajakarta.id. Diakses tanggal 23 Mei 2024.