Komisi Pelayanan Publik Kanada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komisi Pelayanan Publik (PSC) adalah lembaga independen yang bertanggung jawab untuk menjaga nilai-nilai pelayanan publik yang profesional: kompetensi, non-partisanship, dan keterwakilan.[1]

Komisi Pelayanan Publik (PSC) didasarkan pada tradisi yang telah berlangsung selama seabad untuk melindungi pengangkatan pelayanan publik dari campur tangan politik dan memastikan pelayanan publik yang profesional dan non-partisan. Sebagai lembaga independen yang diberi mandat oleh Parlemen, PSC menjaga integritas sistem kepegawaian dalam pelayanan publik dan netralitas politik pegawai negeri dengan menyediakan kebijakan, panduan, dan dukungan, serta melalui pemantauan, audit, dan investigasi.[2]

Latar belakang[2][sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 1908, peran Komisi Pelayanan Publik Kanada telah sangat spesifik. Awalnya, peran tersebut menyentuh fungsi eksekutif yang sangat penting dari Pemerintah Kanada: kualitas pengangkatan dalam layanan sipil. Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 1918, perannya diperluas untuk mencakup tanggung jawab eksklusif dalam membuat pengangkatan ini. Peran ini masih berlaku hingga hari ini.

Namun, Parlemen juga memberikan banyak tugas lain kepada PSC, atau pendahulunya, Komisi Layanan Sipil (CSC), semuanya lebih atau kurang berkaitan dengan kualitas pelayanan publik yang diangkatnya (misalnya, mengorganisir departemen pemerintah dan mengklasifikasikan pekerjaan). Sejak tahun 1908, banyak faktor yang mempengaruhi sifat pelayanan publik dan peran PSC: peningkatan peran dan ukuran pemerintah; perubahan ekonomi; pertumbuhan populasi; perubahan teknologi; dua perang dunia; studi dan seruan untuk reformasi; pengaruh politik; sentimen publik; keputusan pengadilan; dan peran departemen serta lembaga pemerintah.

Saat merayakan ulang tahun ke-100, PSC dapat dengan bangga mengakui daya tahannya dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan kondisi yang berubah, sambil tetap setia pada mandatnya untuk menjaga merit dan netralitas politik dalam pelayanan publik federal. Faktanya, PSC telah memberikan dampak yang mendalam pada pelayanan publik federal dan negara kita. Selain itu, pelayanan publik yang profesional dan non-partisan, yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia, telah banyak berkontribusi pada sistem pemerintahan demokratis Kanada serta kesejahteraan sosial dan ekonominya.

PSC berbagi kisah suksesnya dengan warga Kanada dan dunia. Seratus tahun adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan bagaimana PSC terbentuk dan mengapa tetap relevan hingga saat ini.

Visi, misi, dan prinsip panduan[3][sunting | sunting sumber]

Visi[sunting | sunting sumber]

Membangun pelayanan publik masa depan hari ini: Modern, tidak memihak, dan adil.

Misi[sunting | sunting sumber]

Untuk mempromosikan dan menjaga pelayanan publik yang non-partisan, berbasis merit, dan representatif yang melayani seluruh warga Kanada.

Prinsip Panduan[sunting | sunting sumber]

Menghormati dalam semua hubungan Keterlibatan di antara karyawan Kolaborasi dengan mitra Budaya perbaikan berkelanjutan

Alasan keberadaan, mandat, dan peran[4][sunting | sunting sumber]

Alasan keberadaan[sunting | sunting sumber]

Presiden Dewan Penasihat Raja untuk Kanada bertanggung jawab atas Komisi Pelayanan Publik Kanada (lembaga) sesuai dengan Undang-Undang Administrasi Keuangan dan untuk mengajukan laporan tahunan lembaga tersebut di bawah Undang-Undang Kepegawaian Pelayanan Publik. Lembaga ini melaporkan mandatnya secara independen kepada Parlemen.

Melalui kolaborasi dengan departemen dan lembaga, PSC berdedikasi untuk membangun pelayanan publik masa depan yang berdasarkan keunggulan dan mewakili keragaman Kanada. PSC menjaga non-partisanship dan mempromosikan serta melindungi merit dan penggunaan kedua bahasa resmi dalam konteks kepegawaian dan rekrutmen. PSC mendukung departemen dan lembaga dalam merekrut orang-orang berbakat dari seluruh penjuru negeri melalui penggunaan layanan, alat, dan praktik yang inovatif dan modern.

Mandat dan peran[sunting | sunting sumber]

Di bawah sistem kepegawaian yang didelegasikan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Kepegawaian Pelayanan Publik, Komisi Pelayanan Publik melaksanakan mandatnya dengan mempromosikan dan menjaga pelayanan publik yang non-partisan, berbasis merit, dan representatif yang melayani semua warga Kanada. Kami melakukannya dengan:

  • mendukung departemen dan lembaga dalam merekrut individu yang berkualifikasi ke dalam dan dalam pelayanan publik
  • mengawasi dan memastikan integritas perekrutan pelayanan publik
  • melindungi sifat non-partisan dari pelayanan publik sambil menghormati hak karyawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik
  • menyelenggarakan program rekrutmen dan layanan penilaian

Tanggung jawab[5][sunting | sunting sumber]

Atas nama Parlemen, Komisi Pelayanan Publik (PSC) menjaga integritas kepegawaian dan sifat non-partisan dari pelayanan publik. Dalam hal ini, PSC bekerja sama erat dengan pemerintah tetapi independen dari arahan menteri dan bertanggung jawab kepada Parlemen. Mandat PSC terdiri dari tiga bagian.

  • Pertama, PSC diberi mandat untuk mengangkat, atau menyediakan pengangkatan, individu ke atau dari dalam pelayanan publik. PSC menyediakan fungsi dan layanan kepegawaian serta penilaian untuk mendukung kepegawaian dalam pelayanan publik.
  • Kedua, PSC diberi mandat untuk mengawasi integritas sistem kepegawaian dan memastikan non-partisanship. Peran pengawasan ini mencakup pemeliharaan dan interpretasi data tentang pelayanan publik, melakukan audit yang memberikan jaminan dan membuat rekomendasi untuk perbaikan, serta melakukan investigasi yang dapat mengarah pada tindakan korektif jika terjadi kesalahan atau masalah.
  • Ketiga, PSC diberi mandat untuk mengelola ketentuan dalam Undang-Undang Kepegawaian Pelayanan Publik (PSEA) terkait dengan kegiatan politik karyawan dan kepala deputi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Canada, Public Service Commission of (2005-12-28). "About us". www.canada.ca. Diakses tanggal 2024-05-15. 
  2. ^ a b Canada, Public Service Commission of (2008-07-28). "The 100 years of the Public Service Commission of Canada 1908-2008". www.canada.ca. Diakses tanggal 2024-05-15. 
  3. ^ Canada, Public Service Commission of (2004-01-06). "Vision, Mission and Guiding Principles". www.canada.ca. Diakses tanggal 2024-05-15. 
  4. ^ Canada, Public Service Commission of (2023-02-23). "Raison d'être". www.canada.ca. Diakses tanggal 2024-05-15. 
  5. ^ Canada, Public Service Commission of (2004-01-06). "Responsibilities". www.canada.ca. Diakses tanggal 2024-05-15.