Hari Bataan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Araw ng Kagitingan (Filipina untuk "hari kegagahan"), juga dikenal sebagai Bataan Day atau Bataan dan Hari Bintang Corregidor, adalah ketaatan nasional di Filipina yang memperingati jatuhnya Bataan selama Perang Dunia II. Bataan jatuh pada tanggal 9 April, meskipun pada tahun 2009 itu akan bertepatan dengan hari Kamis Putih dan dipindahkan ke 6 April.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Saat fajar pada tanggal 9 April 1942 melawan perintah Jenderal Douglas MacArthur dan Jonathan Wainwright, komandan Angkatan Luzon, Bataan, Mayor Jenderal Edward P. King, Jr menyerah, lebih dari 76.000 kelaparan dan penyakit yang dialami tentara (67.000 Filipina, 1.000 Filipina Cina, dan 11.796 orang Amerika) untuk para tentara Jepang.

Sebagian besar tawanan perang memiliki harta benda mereka disita sebelum dipaksa untuk bertahan terkenal 140 kilometer (90 mil) kematian bataan Maret ke Camp O'Donnell di Capas, Tarlac. En rute, ribuan meninggal karena dehidrasi, suhu panas, luka tidak diobati, dan asusila eksekusi sambil berjalan dalam debu mendalam atas jalan Macadam kendaraan rusak, dan berdesakan dalam mobil rel untuk transportasi ke penangkaran.

Beberapa yang cukup beruntung untuk melakukan perjalanan dengan truk ke San Fernando, Pampanga masih harus bertahan lebih dari 25 mil tambahan berbaris. Tahanan dipukuli secara acak dan sering diberi makan dijanjikan dan air. Mereka yang tertinggal biasanya dieksekusi atau dibiarkan mati, sisi jalan kian penuh dengan mayat dan mereka mengerang bantuan.

Hanya sekitar 54.000 dari 76.000 tahanan sampai di tempat tujuan, jumlah korban sulit untuk menilai karena ribuan tawanan mampu melarikan diri dari penjaga mereka. Sekitar 5.000–10.000 Filipina dan Amerika 600–650 tawanan perang meninggal sebelum mereka bisa mencapai Camp O'Donnell.

Referensi[sunting | sunting sumber]