Portal:Korea Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

환영합니다! / Selamat Datang di Portal Korea Selatan!

Bendera Korea Selatan

Korea Selatan, secara resmi bernama Republik Korea (bahasa Korea: 대한민국), adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi wilayah selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Korea Selatan berbatasan dengan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Laut Kuning di sebelah barat, Jepang berada di seberang Laut Jepang, dan Selat Korea berada di bagian tenggara. Negara ini dikenal dengan nama Hanguk (한국) oleh penduduk Korea Selatan, dan disebut Nam Chosŏn (남조선) oleh orang Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul (서울).

Penemuan arkeologis menunjukkan bahwa Semenanjung Korea telah dihuni sejak Zaman Batu Tua. Sejarah Korea dimulai dari pembentukan Dinasti Gojoseon pada 2333 SM, oleh Dangun. Setelah penyatuan Tiga Kerajaan Korea di bawah Silla pada 668 M, Korea menjadi satu di bawah Dinasti Goryeo dan Dinasti Joseon, hingga akhir Kekaisaran Korea Raya pada 1910 karena dianeksasi oleh Jepang. Setelah dilakukan Pembagian Korea oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat pada akhir Perang Dunia Kedua, wilayah Korea akhirnya terbagi menjadi dua. (Artikel selengkapnya...)

Selected article - show another

Pemandangan kota Changwon
Changwon adalah sebuah kota di Korea Selatan yang merupakan ibu kota dari provinsi Gyeongsang Selatan. Pada tahun 2005, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 549.507 jiwa dengan memiliki luas wilayah 292,80 km². Kota ini memiliki angka kepadatan penduduk sebesar 1.803,8 jiwa/km². Kota ini terletak 40 km dari barat Busan. (Artikel selengkapnya...)
List of selected articles

Selected image

The page "Portal:Korea Selatan/Selected picture/1" does not exist.

More did you know - show different entries

The page "Portal:Korea Selatan/Did you know/4" does not exist.

Galat skrip: tidak ada modul tersebut "Peristiwa terkini yang dipilih".

Good article - show another

This is a Good article, an article that meets a core set of high editorial standards.

Renault Samsung Motors (bahasa Korea: 르노삼성자동차, IPA: [ɾɯnoː sʰamsʰʌŋ dʑadoŋtɕʰa]), atau biasa disingkat menjadi RSM, adalah sebuah produsen mobil asal Korea Selatan. Kantor pusat dan pabrik perakitan perusahaan ini terletak di Busan, sementara fasilitas administrasi, fasilitas riset dan pengembangan, serta fasilitas pengujian kendaraannya masing-masing terletak di Seoul, Giheung, dan Daegu. Perusahaan ini didirikan dengan nama Samsung Motors pada tahun 1994 oleh chaebol Samsung, dengan bantuan teknis dari Nissan. Perusahaan ini mulai menjual mobil buatannya pada tahun 1998, sesaat sebelum Korea Selatan terkena krisis keuangan Asia Timur. Pada tahun 2000, perusahaan ini menjadi anak usaha dari Renault asal Prancis dan mengubah namanya menjadi seperti sekarang, walaupun Samsung tetap memegang minoritas saham perusahaan ini. RSM memasarkan berbagai macam mobil, termasuk mobil listrik dan crossover. (Artikel selengkapnya...)

General images - show another

The following are images from various South Korea-related articles on Wikipedia.

Galat Lua: No content found on page "Culture of South Korea".

Did you know (auto-generated)

Script error: The function "Artikel" does not exist.

WikiProjects

Topics

Categories

Related portals

Associated Wikimedia

Proyek saudara Wikimedia Foundation berikut menyediakan lebih banyak tentang subjek ini:

Wikibooks
Buku

Commons
Media

Wikinews 
Berita

Wikiquote 
Kutipan

Wikisource 
Teks

Wikiversity
Sumber belajar

Wikivoyage 
Petunjuk perjalanan

Wiktionary 
Definisi

Wikidata 
Kumpulan data

Web resources

Sources

Templat:Portal navbar no header2 Bersihkan tembolok server