Portal:London

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Portal:London/box-header

Panorama London di zaman modern, gambar diambil dari Golden Gallery Katedral Santo Paulus. Lihat Panorama London untuk gambar panoramik lebih banyak.
Panorama London di zaman modern, gambar diambil dari Golden Gallery Katedral Santo Paulus. Lihat Panorama London untuk gambar panoramik lebih banyak.

Portal:London/Intro/Image London (Inggris: -/ˈlʌndən/ simak) adalah ibu kota Inggris dan Britania Raya yang merupakan wilayah metropolitan terbesar di Britania Raya. Berlokasi di sepanjang Sungai Thames, London telah menjadi permukiman utama selama dua milenium sejak didirikan oleh Romawi pada abad ke-1 dengan nama Londinium. Pusat dari London kuno, yaitu City of London, sebagian besar masih tetap mempertahankan batas-batas abad pertengahannya. Sejak abad ke-19, nama London juga digunakan untuk menyebut kota metropolitan yang berkembang di sekitar pusat ini. Konurbasi dari wilayah-wilayah urban ini pada akhirnya membentuk Region London dan wilayah administratif London Raya. Wilayah ini diatur dan dibawahi oleh wali kota London dan Majelis London yang dipilih melalui pemilihan umum.

London adalah kota global terkemuka yang unggul dalam bidang seni, bisnis, pendidikan, hiburan, mode, keuangan, kesehatan, media, layanan profesional, penelitian dan pengembangan, pariwisata, serta transportasi. London, bersama dengan New York City, merupakan pusat keuangan terkemuka di dunia, dan menjadi kota dengan PDB terbesar kelima di dunia, atau yang tertinggi di Eropa. Kota ini dikatakan sebagai pusat kebudayaan dunia. London juga menjadi kota yang paling sering dikunjungi, dan tercatat sebagai kota dengan bandar udara tersibuk di dunia berdasarkan lalu lintas penumpang internasional. 43 universitas di London membentuk konsentrasi pendidikan tinggi terbesar di Eropa. Pada tahun 2012, London menjadi kota pertama yang telah menjadi tuan rumah penyelenggara Olimpiade Musim Panas modern sebanyak tiga kali.

London terdiri dari beragam masyarakat dan budaya dengan lebih dari 300 bahasa dituturkan oleh berbagai etnis. Pada bulan Maret 2011, London tercatat berpenduduk sebanyak 8.174.100 jiwa, atau sekitar 12,5% dari populasi Britania Raya secara keseluruhan. Hal ini menjadikan London sebagai kota terbesar di Uni Eropa menurut jumlah populasi. Kawasan perkotaan London Raya juga menjadi kawasan urban terbesar kedua (setelah Paris) di Uni Eropa dengan jumlah penduduk 8.278.251 jiwa, sedangkan kawasan metropolitan London adalah yang terbesar di Uni Eropa dengan populasinya yang diperkirakan mencapai 12 hingga 14 juta jiwa. Sebelumnya, London juga pernah menjadi kota dengan populasi terbesar di dunia pada periode 1831-1925. (Artikel selengkapnya...)

Portal:London/box-header
Featured articles and Featured lists are displayed here, which represent some of the best content on English Wikipedia..

Balap Perahu 2017 (juga dikenal sebagai The Cancer Research UK Boat Races untuk tujuan sponsorship) berlangsung pada 2 April 2017. Diadakan setiap tahun, Boat Race adalah perlombaan dayung berdampingan antara kru dari universitas Oxford dan Cambridge di sepanjang bentangan pasang surut Sungai Thames sepanjang 4,2 mil (6,8 km) di barat daya London. Untuk kedua kalinya dalam sejarah acara tersebut, balapan putra, putri, dan cadangan keduanya diadakan di Tideway pada hari yang sama.

Dalam perlombaan cadangan putra, Goldie dari Cambridge dikalahkan oleh Isis dari Oxford, kekalahan ketujuh berturut-turut mereka. Dalam perlombaan cadangan putri, Blondie dari Cambridge mengalahkan Osiris dari Oxford, kemenangan kedua berturut-turut mereka. Dalam perlombaan wanita, Cambridge menang dengan selisih besar menyusul awal yang buruk dengan perahu Oxford. Kemenangan kedua mereka dalam sepuluh tahun terakhir, membuat keunggulan Cambridge di klasemen keseluruhan menjadi 42–30. Perahu pria Oxford memenangkan perlombaan mereka setelah memimpin sejak awal, kemenangan keempat mereka dalam lima tahun dan mengambil rekor keseluruhan dalam acara tersebut menjadi 82-80 untuk keunggulan Cambridge. (Artikel selengkapnya...)
List of Featured articles and lists

The page "Portal:London/box-header" does not exist. The page "Portal:London/Featured picture/6" does not exist.

Portal:London/box-header Portal:London/Categories

Portal:London/box-header Portal:London/Related portals

Portal:London/box-header
This is a Featured article, which represents some of the best content on English Wikipedia..

William Shakespeare (dibaptis 26 April 1564 – 23 April 1616) adalah seorang pujangga, dramawan, dan pemain sandiwara berkebangsaan Inggris, secara luas dianggap sebagai penulis drama berbahasa Inggris terhebat dan dramawan termasyhur di dunia. Ia sering disebut sebagai penyair nasional Inggris dan dijuluki "Pujangga dari Avon". Karya-karyanya yang masih ada, termasuk karya kolaborasi, terdiri dari sekitar 39 drama, 154 soneta, dua sajak naratif, dan sejumlah syair lainnya, beberapa di antaranya dengan kepenulisan yang diperdebatkan. Dramanya telah diterjemahkan ke dalam setiap bahasa hidup dan dipentaskan di panggung lebih sering daripada penulis drama lainnya.

Shakespeare lahir dan besar di Stratford-upon-Avon, Warwickshire. Pada usia 18 tahun, ia menikah dengan Anne Hathaway, dan memiliki tiga anak: Susanna dan si kembar Hamnet dan Judith. Antara tahun 1585 dan 1592, ia memulai karier yang sukses sebagai pemain, penulis, dan pemilik perkumpulan pemain drama bernama Lord Chamberlain's Men, yang kelak berganti nama menjadi King's Men. Pada usia 49 tahun (kira-kira tahun 1613), ia pensiun dan pindah ke Stratford, tempat ia meninggal dunia tiga tahun kemudian. Beberapa catatan mengenai kehidupan pribadi Shakespeare tetap bertahan, menimbulkan spekulasi yang cukup besar terkait hal-hal seperti penampilan fisik, seksualitas, kepercayaan agama, dan permasalahan karya-karyanya yang diduga ditulis oleh orang lain. Teori-teori tersebut sering kali dikritik karena gagal membuktikan secara jelas, berhubung hanya sedikit catatan mengenai kehidupan rakyat biasa yang bertahan pada masa itu. (Artikel selengkapnya...)

The page "Portal:London/box-header" does not exist. The page "Portal:London/Quote/4" does not exist.

The page "Portal:London/box-header" does not exist. The page "Portal:London/DYK/1" does not exist.

Portal:London/box-header

The following are images from various London-related articles on Wikipedia.

Galat Lua: No content found on page "Sejarah London".

Portal:London/box-header Portal:London/London Boroughs

Portal:London/box-header Portal:London/Transport

Portal:London/box-header Portal:London/Recognised content

Portal:London/box-header

Proyek saudara Wikimedia Foundation berikut menyediakan lebih banyak tentang subjek ini:

Wikibooks
Buku

Commons
Media

Wikinews 
Berita

Wikiquote 
Kutipan

Wikisource 
Teks

Wikiversity
Sumber belajar

Wikivoyage 
Petunjuk perjalanan

Wiktionary 
Definisi

Wikidata 
Kumpulan data

Templat:Portal navbar no header2

Templat:Featured portal

Portal:Contents/TOC navbar Bersihkan tembolok server