Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Berita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Arsip di meta: m:Category:Tech_News/id



Berita Teknis: 2024-19[sunting sumber]

Berita teknis terkini dari komunitas teknis Wikimedia. Simak berita ini versi dalam terjemahan langsung dari Bahasa Inggris pada halaman ini.

rtnF bicara 6 Mei 2024 05.45 (UTC)[balas]

Berita Teknis: 2024-20[sunting sumber]

Berita teknis terkini dari komunitas teknis Wikimedia. Simak berita ini versi dalam terjemahan langsung dari Bahasa Inggris pada halaman ini.

  • Kini Anda dapat menghilangkan suatu halaman Wikisource dari daftar halaman tanpa pindaian dengan menggunakan kode __EXPECTWITHOUTSCANS__.
  • Fitur "pratinjau tanpa memuat ulang halaman" (show preview without reloading the page) kini telah mendukung pratinjau terhadap kode templat.
  • Peta Kartographer kini dilengkapi dengan atribut alternate text (alt=). Atribut ini akan ditampilkan jika pengguna tidak berhasil memuat tampilan peta pada layar.
  • Notifikasi tur singkat pengenalan fitur recent changes filters, yang dibuat pada tahun 2017 telah dinonaktifkan. Beberapa alasan penonaktifan notifikasi tersebut dijabarkan di sini.
  • Layout HTML laman Special:Search diwacanakan akan segera beralih ke CSS flex. Beberapa gadget Wikipedia yang bergantung pada laman ini berpotensi rusak jika rencana ini benar-benar dijalankan. Oleh karena itu, bagi para pengembang tool Wikipedia yang berkaitan terhadap laman tersebut diharapkan untuk segera menyesuaikan script toolnya masing-masing.
  • Terdapat rencana pelebaran ukuran halaman pada tampilan skin Vector 2022.
  • Desain database MediaWiki -- khususnya pada sistem penyimpanan hubungan pranala antar halaman -- akan segera dirancang ulang untuk menghemat ukuran penyimpanan data.
    • Sebagai dampak dari perancangan ulang ini, kolom pl_namespace dan pl_title pada tabel database pagelinks (sebuah tabel yang menyimpan pasangan halaman yang memiliki hubungan pranala) akan segera dihapus. Sebagai alternatif penggantinya, Anda dapat menggunakan kolom lt_namespace dan lt_namespace pada tabel database linktarget (sebuah tabel yang hanya menyimpan halaman yang dijadikan target pranala oleh halaman lain).
    • Setelah perancangan ulang ini, kode SQL untuk mengakses hubungan pranala antar halaman perlu diperbarui. Informasi laman target tidak lagi disimpan di tabel pagelinks, melainkan harus diakses melalui tabel linktarget.
      • Sebagai contoh, kode SELECT pl_namespace, pl_title, pl_from_namespace, pl_from FROM pagelinks harus diubah menjadi SELECT lt_namespace, lt_title, pl_from_namespace, pl_from FROM pagelinks JOIN linktarget ON lt_id = pl_target_id
  • MediaWiki versi 1.43/wmf.5 akan diinstal pada seluruh wiki pada tanggal 16 Mei 2024.

rtnF bicara 13 Mei 2024 11.24 (UTC)[balas]

Berita Teknis: 2024-21[sunting sumber]

Berita teknis terkini dari komunitas teknis Wikimedia. Simak berita ini versi dalam terjemahan langsung dari Bahasa Inggris pada halaman ini.

  • Bug pada ekstensi Nuke -- sebuah ekstensi yang digunakan pengurus untuk menghapus banyak artikel secara massal sekaligus -- telah diperbaiki. Sebelumnya, halaman yang telah dipindahkan tidak bisa terhapus oleh ekstensi ini.
  • Terdapat beberapa pembaruan terhadap tampilan alur pengunggahan pada Wikimedia Commons. Selain perbaikan visual dan teks deskripsi panduan, kolom caption kini wajib diisi oleh pengunggah berkas. Pengguna juga dapat memilih opsi penyalinan isi kolom caption ke kolom deskripsi media seacara otomatis.
  • Mulai tanggal 22 Mei 2024, struktur HTML heading pada beberapa skin MediaWiki (Timeless, Modern, CologneBlue, Nostalgia, dan Monobook) akan diperbarui untuk meningkatkan aksesibilitas halaman. Karena perubahan ini dapat berpotensi merusak gadget yang sudah ada, para pengembang gadget harap segera menguji-coba ulang gadgetnya terhadap perubahan tersebut dan melaporkan masalah yang ditemui sebelum perubahan ini diterapkan secara lebih luas pada skin-skin yang lain.
    • Sementara itu, tim Wikimedia sedang mengembangkan Gadget API untuk menyeragamkan penambahan menu pada bagian judul halaman. Anda dapat membantu pengembangan API ini dengan mengirimkan kritik, saran dan masukan.
  • MediaWiki versi 1.43/wmf.6 akan diinstal pada seluruh wiki pada tanggal 23 Mei 2024.

rtnF bicara 20 Mei 2024 05.49 (UTC)[balas]

Berita Teknis: 2024-22[sunting sumber]

Berita teknis terkini dari komunitas teknis Wikimedia. Simak berita ini versi dalam terjemahan langsung dari Bahasa Inggris pada halaman ini.

  • Pembaruan terhadap tampilan alur pengunggahan Wikimedia Commons, yang baru saja kami laporkan pada edisi sebelumnya, telah menimbulkan beberapa bug baru. Saat ini, bug-bug tersebut sudah selesai diperbaiki.
  • Sejak bulan Maret 2024, modul addPortlet API untuk menambahkan menu tambahan pada tampilan Wikipedia telah diluncurkan. Pengembang gadget dipersilahkan untuk mencoba fitur baru ini dan memberikan masukan perbaikan.
  • Beberapa kode CSS untuk tampilan mobile Wikipedia telah dimodifikasi agar tidak terlalu mencampuri kode CSS pada kode templat.
  • Terdapat bug yang mengakibatkan pengguna berstatus global-ipblock-exempt, sebuah status untuk menghindari blokir IP di seluruh proyek Wikimedia, menjadi tidak berfungsi pada wiki lokal tertentu. Bug ini akan segera diperbaiki pada minggu ini.
  • MediaWiki versi 1.43/wmf.7 akan diinstal pada seluruh wiki pada tanggal 30 Mei 2024.

rtnF bicara 27 Mei 2024 01.49 (UTC)[balas]