Pangeran Richard, Adipati Gloucester

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangeran Richard
Adipati Gloucester
Kelahiran26 Agustus 1944 (umur 79)
Hadley Common, Hertfordshire
WangsaWangsa Windsor
Nama lengkap
Richard Alexander Walter George
AyahPangeran Henry, Adipati Gloucester
IbuPutri Alice, Istri Adipati Gloucester
Pasangan
(m. 1972)
Anak
AgamaGereja Inggris

Pangeran Richard, Adipati Gloucester KG GCVO GCStJ FRIBA (Richard Alexander Walter George; lahir 26 Agustus 1944) adalah cucu dari Raja George V dan Ratu Mary, yang juga sepupu dari Ratu Inggris saat ini, Elizabeth II. Dia menjadi Adipati Gloucester, setelah kematian ayahnya pada tahun 1974 dan saat ini ia berada diurutan ke-24 sebagai pewaris takhta Britania Raya, dan merupakan orang pertama yang bukan keturunan dari Raja George VI. Ia juga keturunan garis laki-laki senior dari Ratu Victoria.[1] Richard bekerja sebagai arsitek sampai kematian kakaknya, Pangeran William dari Gloucester, menempatkannya dalam garis langsung untuk mewarisi gelar adipati Gloucester dari ayahnya, yang ia warisi pada tahun 1974. Ia menikah dengan Birgitte van Deurs Henriksen pada 8 Juli 1972. Mereka memiliki tiga anak.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Pangeran Richard dengan ayahnya pada tahun 1945

Pangeran Richard lahir pada 26 Agustus 1944 pukul 12:15 siang di St Matthew's Nursing Home di Northampton, anak kedua dari Pangeran Henry, Adipati Gloucester dan Alice, Duchess of Gloucester.[2] Ayahnya adalah putra ketiga dari Raja George V dan Ratu Mary. Ibunya adalah putri ketiga dari John Montagu Douglas Scott, 7th Duke of Buccleuch dan Lady Margaret Bridgeman. Pada saat kelahirannya, ia berada di urutan kedua untuk menerima gelar adipati dari ayahnya, di belakang kakak laki-lakinya, Pangeran William dari Gloucester, yang tewas secara tidak sengaja pada tahun 1972 sebelum mewarisi gelar dan memiliki anak. Richard dibaptis di Royal Chapel of All Saints di Windsor Great Park pada 20 Oktober 1944 oleh mantan Uskup Agung Canterbury, Cosmo Gordon Lang.[6] Saat Richard berusia empat bulan, ia menemani orang tuanya ke Australia, di mana ayahnya menjabat sebagai Gubernur Jenderal Australia dari tahun 1945 hingga 1947. Keluarga tersebut kembali ke Barnwell Manor pada tahun 1947, tempat Richard menghabiskan sebagian besar masa kecilnya.

Pendidikan dan Karier[sunting | sunting sumber]

Pendidikan awal Pangeran Richard berlangsung di rumah, di bawah bimbingan Rosalind Ramirez, yang juga mengajar Raja muda Faisal II dari Irak; kemudian, ia bersekolah di Wellesley House School di Broadstairs dan Eton College.[7] Pada tahun 1963, ia masuk ke Magdalene College, Cambridge, di mana ia belajar arsitektur,[7] lulus dengan gelar Bachelor of Arts pada Juni 1966. Seperti biasa di Cambridge, ini dilanjutkan dengan MA (Cantab) pada tahun 1971.

Pada tahun 1966, Richard bergabung dengan Offices Development Group di Kementerian Bangunan dan Pekerjaan Umum untuk satu tahun kerja praktis. Ia kembali ke Cambridge pada tahun 1967, menyelesaikan kedua bagian dari gelar Diploma in Architecture pada Juni 1969. Setelah lulus ujian, ia menjadi mitra praktik di Hunt Thompson Associates, Architects, di London.[8]

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Pangeran Richard mengakhiri karier arsitekturnya pada tahun 1972, setelah kematian kakak laki-lakinya, William dari Gloucester, yang meninggal dalam kecelakaan pesawat saat mengikuti kompetisi terbang. Richard menjadi pewaris utama gelar adipati ayahnya dan harus mengambil tanggung jawab keluarga tambahan serta tugas-tugas kerajaan atas nama Ratu. Dia menjadi Adipati Gloucester pada kematian ayahnya pada 10 Juni 1974.

Pangeran Richard terpilih sebagai anggota korporat dari Royal Institute of British Architects (RIBA) pada tahun 1972 dan juga menjadi Fellow RIBA (FRIBA). Ia adalah presiden dari Society of Architect Artists. Ia juga menjabat sebagai komisioner dari Historic Building and Monuments Commission for England (English Heritage). Ia telah lama menjadi pelindung dari Construction Youth Trust, sebuah organisasi amal di bidang konstruksi. Dengan latar belakangnya di bidang arsitektur, Adipati Gloucester tertarik pada pekerjaan amal ini dan sering mengunjungi proyek-proyek mereka serta memberikan namanya pada Penghargaan Skema Pencapaian Pemuda Adipati Gloucester yang sudah berlangsung lama. Ia juga menjadi pelindung dari Architects Benevolent Society.

Adipati ini juga menjadi wakil presiden dari Lepra, sebuah organisasi amal yang berfokus pada penyakit kusta di Inggris; dalam perannya ini, ia menghadiri acara-acara nasional dan internasional untuk mendukung pekerjaan amal tersebut. Ia menjadi pelindung kerajaan dari Society of Antiquaries of London sejak tahun 2001 dan juga menjadi pelindung dari cabang Inggris dari amal Habitat for Humanity. Selain itu, ia juga menjadi pelindung kerajaan dari St. George's Society of New York dan presiden dari The London Society. Seorang penggemar otomotif, Richard lulus dari Advanced Driving Test dari Institute of Advanced Motorists, di mana ia menjabat sebagai presiden selama lebih dari 32 tahun sebelum mengundurkan diri pada Januari 2005.

The Duke and Duchess of Gloucester

Adipati Gloucester, didampingi oleh istrinya, mewakili Ratu Elizabeth II dalam perayaan kemerdekaan Kepulauan Solomon pada 7 Juli 1978. Ia juga menjadi juri dalam acara amal televisi Pangeran Edward, The Grand Knockout Tournament, pada 15 Juni 1987.

Pada 10 April 2008, Adipati Gloucester secara resmi diangkat sebagai Rektor Universitas Worcester dalam sebuah upacara di Katedral Worcester. Dalam perannya ini, ia memimpin upacara wisuda dan acara-acara besar, serta mempromosikan universitas di luar negeri. Ia juga menjadi pelindung dari Severn Valley Railway dan Pestalozzi International Village Trust serta Asosiasi Homeopati Inggris. Ia berbagi nama dengan seorang Adipati Gloucester sebelumnya, Richard III, dan telah menjadi pelindung dari Richard III Society sejak tahun 1980. Ia juga menjadi anggota dewan penasihat internasional dari Royal United Services Institute.

Selama tahun 2009, Adipati menjadi pelindung dari de Havilland Aircraft Heritage Centre untuk mendukung upaya penggalangan dana melalui cara-cara pribadi dan melalui permohonan dana dari Heritage Lottery Funding. Patronase lainnya termasuk British Society of Soil Science, International Council on Monuments and Sites, Action on Smoking and Health, British Association of Friends of Museums, British Mexican Society, Rumah Sakit St Bartholomew, serta berbagai organisasi dan badan amal lainnya. Pada Juli 2011, Adipati mengunjungi Pulau Man untuk bertemu dengan perwakilan dari Manx National Heritage dan Dewan Amal Kanker.

Pada 8 November 2011, ia membuka Gedung Fakultas Hukum baru di Universitas Hertfordshire di kampus de Havilland, situs bekas pabrik pesawat de Havilland. Pada 19 Maret 2013, Adipati mewakili Ratu Elizabeth II di Vatikan untuk pelantikan Paus Fransiskus.

The Duke in 2018 visiting the National Churches Trust

Pada 11 Maret 2015, Adipati mengunjungi Royal School Dungannon di Dungannon, County Tyrone, Irlandia Utara, untuk merayakan peringatan 400 tahun pendirian sekolah tersebut, memberikan plakat peringatan, dan mengibarkan bendera peringatan di halaman sekolah. Pada 22 dan 26 Maret 2015, Adipati mewakili Ratu pada upacara pemakaman ulang dan peringatan Raja Richard III di Katedral Leicester. Pada Maret 2018, Adipati melakukan perjalanan ke Malawi untuk menghadiri perayaan Hari Persemakmuran dan mengunjungi proyek-proyek terkait layanan kesehatan, satwa liar, dan perubahan iklim. Dia melewatkan perayaan pada Maret 2022 setelah dinyatakan positif COVID-19.

Pada 14 September 2022, setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September, Adipati bergabung dengan anak-anak, cucu, keponakan, dan menantu ratu dalam prosesi negara dari Istana Buckingham ke Westminster Hall untuk pemakamannya.

Pada tahun 2023, Adipati dan Adipatni Gloucester menghadiri penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla di Westminster Abbey dan ikut serta dalam Prosesi Penobatan setelah upacara tersebut.

Pernikahan dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Pada 8 Juli 1972, Pangeran Richard menikah dengan wanita kelahiran Denmark Birgitte van Deurs Henriksen di Gereja St Andrew, Barnwell, Northamptonshire; Adipati dan Adipatni Gloucester memiliki tiga anak:

Lambang Earl of Ulster,[9] pewaris gelar Adipati Gloucester

Adipati dan Adipatni Gloucester tinggal di Istana Kensington di London.[13] Mereka telah menyewakan rumah pribadi mereka, Barnwell Manor, sejak tahun 1994. Pada September 2022, Adipati menjual rumah bangsawan tersebut dengan harga £4.75 juta.[14]

Gelar dan Gaya[sunting | sunting sumber]

  • 26 Agustus 1944 – 10 Juni 1974: Paduka Yang Mulia Pangeran Richard dari Gloucester
  • 10 Juni 1974 - sekarang: Paduka Yang Mulia Sang Adipati Gloucester

Honours[sunting | sunting sumber]

Robed in the mantle of Grand Prior of the Order of St John, 2006

Foreign[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Prince Richard, Duke of Gloucester – Royal Family History". Royal Family History. Diakses tanggal 15 April 2015. 
  2. ^ "No. 36678". The London Gazette. 29 Agustus 1944. hlm. 4017. 
  3. ^ The Times, 21 Oktober 1944
  4. ^ The Times, 5 Agustus 1942
  5. ^ "Yvonne's Royalty Home Page – Royal Christenings". users.uniserve.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Agustus 2011. Diakses tanggal 30 April 2011. 
  6. ^ Orang tua baptisnya adalah bibi paternalnya, Ratu Elizabeth, Putri Marie Louise (sepupunya), Countess of Athlone (neneknya, yang diwakili oleh putrinya, Lady May Abel Smith), Duke of Buccleuch (pamannya dari pihak ibu), Marquess of Cambridge (sepupunya), Lady Sybil Phipps (bibinya dari pihak ibu), dan Jenderal Earl Alexander of Tunis (yang diwakili oleh istrinya, Lady Margaret Alexander). Karena Perang, surat kabar tidak menyebutkan lokasi pasti pembaptisan, hanya mengatakan bahwa itu berlangsung di "kapel pribadi di pedesaan".[3][4][5]
  7. ^ a b c Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Bio-Charity
  8. ^ "HRH Prince Richard The Duke of Gloucester". University of Worcester. 2008. Diakses tanggal 21 April 2016. 
  9. ^ www.college-of-arms.gov.uk
  10. ^ www.royal.uk Court Circular: 22 Juni 2002
    Pernikahan berlangsung di The Queen's Chapel, St James's, London, antara Earl of Ulster, putra Adipati dan Adipatni Gloucester, dan Dr Claire A. Booth, putri dari Tuan dan Nyonya Robert Booth. Prebendary William Booth memimpin upacara, dibantu oleh Canon David Cooper. Pengantin wanita, yang diserahkan oleh ayahnya, didampingi oleh Miss Lola Eid-Arimoku, Miss Bruna Carnevale, Russia dan Tennessee Blackmore, serta Arabella Henderson. Tuan Alexander Turner menjadi pendamping pria. Resepsi diadakan di State Apartments, St James's Palace.
  11. ^ www.ucl.ac.uk
  12. ^ www.burkespeerage.com
  13. ^ "Royal residences: Kensington Palace". Official website of the Royal Family. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 July 2013. 
  14. ^ "The Queen's cousin to sell his historic Northamptonshire manor for £4.75 million". 29 September 2022. 
  15. ^ a b c d e "Queen Elizabeth II Platinum Jubilee 2022 - The Lord Mayor's Reception For The National Service Of Thanksgiving". Getty Images. 3 June 2022. Diakses tanggal 4 June 2022. 
  16. ^ Mussell, John W. (2004). Mackay, James, ed. The Medal Yearbook 2004. Devon, UK: Token Publishing Ltd. hlm. 236. ISBN 9781870192620. 
  17. ^ [1] Diarsipkan 28 October 2009 di Wayback Machine.
  18. ^ "Royal orders presented at Palace". Matangi Tonga Online. 1 August 2008. Diakses tanggal 26 May 2018. 
  19. ^ "TRH THE PRINCE OF WALES AND THE DUCHESS OF CORNWALL AWARDED WITH THE MEXICAN ORDER OF THE AZTEC EAGLE". Official website of the Mexican Embassy in the United Kingdom. Diakses tanggal 11 April 2019. 
  20. ^ Olvera Ayes, David A (2011). La Orden Mexicana del Águila Azteca: apuntes para su historia. Mexico: Cuadernos del cronista. hlm. 719. ISBN 978-6070047213. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pangeran Richard, Adipati Gloucester
Lahir: 26 Agustus 1944
Urutan suksesi
Didahului oleh:
Arthur Chatto
Pewaris takhta Kerajaan Britania Raya Diteruskan oleh:
Earl Ulster
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Pangeran Henry
Adipati Gloucester
10 Juni 1974 – sekarang
Petahana
Penerus:
Earl Ulster