Mary, Putri Kerajaan dan Countess dari Harewood

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Putri Mary
Putri Kerajaan, Putri dari Harewood
Putri Mary pada tahun 1932
Kelahiran(1897-04-25)25 April 1897
Pondok York, Sandringham
Kematian28 Maret 1965(1965-03-28) (umur 67)
Rumah Harewood, Yorkshire
Pemakaman1 April 1965
Gereja All Saint's, Harewood, Yorkshire
WangsaWindsor (dari 1917)
Saxe-Coburg dan Gotha (sampai 1917)
Nama lengkap
Victoria Alexandra Alice Mary
AyahRaja George V dari Britania Raya
IbuRatu Mary dari Teck
Pasangan
(m. 1922; meninggal 1947)
Anak

Mary, Putri Kerajaan dan Putri dari Harewood (Victoria Alexandra Alice Mary; 25 April 1897 - 28 Maret 1965) adalah seorang anggota dari keluarga kerajaan Britania Raya; dia adalah anak ketiga serta putri satu-satunya dari Raja George V dan Ratu Mary. Dia lahir sewaktu pemerintahan Ratu Victoria, nenek buyutnya. Pendidikannya dimulai di rumah. Perang Dunia I membawa Mary keluar dari pengasingan dimana dia meluncurkan kampanye amal untuk mendukung tentara dan pelaut Inggris. Dia akhirnya menjadi seorang perawat. Mary menikahi Henry Lascelles, Pangeran dari Harewood ke-6 pada tahun 1922. Dia adalah seorang pengumpul permata yang fanatik.[1]

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Putri Mary, tengah, bersama kelima saudaranya
Putri Mary mengenakan koronetnya pada 1911

Putri Mary lahir pada tanggal 25 April 1897 di York Cottage di Sandringham Estate di Norfolk, pada masa pemerintahan nenek buyutnya Ratu Victoria. Dia adalah anak ketiga dan satu-satunya putri Adipati dan Adipatni York. Ayahnya adalah satu-satunya putra Pangeran dan Putri Wales yang masih hidup, sedangkan ibunya adalah anak tertua dan putri tunggal Adipati dan Adipatni Teck. Dia diberi nama Victoria Alexandra Alice Mary, diambil dari nama nenek buyut dari pihak ayah Ratu Victoria; nenek dari pihak ayah, Alexandra, Putri Wales; nenek dari pihak ibu, Mary Adelaide, Duchess of Teck; dan bibi buyutnya, Alice, Grand Duchess of Hesse dan Rhine, yang berulang tahun dengannya. Dia dikenal dengan nama terakhir Kristennya, Mary. Dia berada di urutan kelima dalam garis suksesi pada saat kelahirannya, didahului oleh kakek, ayah, dan kakak laki-lakinya Edward dan Albert, meskipun kemudian turun setelah kelahiran adik laki-lakinya Henry, George, dan John.

Dia dibaptis di Gereja St Mary Magdalene dekat Sandringham pada tanggal 7 Juni 1897 oleh William Dalrymple Maclagan, Uskup Agung York. Wali baptisnya adalah: Ratu (nenek buyutnya); Raja Hellenes (paman buyut dari pihak ayah); Janda Permaisuri Rusia (bibi buyut dari pihak ayah); Pangeran dan Putri Wales (kakek dari pihak ayah); Duchess of Teck (nenek dari pihak ibu); Putri Victoria dari Wales (bibi dari pihak ayah); dan Pangeran Francis dari Teck (paman dari pihak ibu). Kakeknya naik takhta pada tahun 1901 ketika Mary berusia tiga tahun.

Putri Mary dididik oleh pengasuh, namun berbagi beberapa pelajaran dengan saudara laki-lakinya, Edward, Albert, dan Henry. Dia menjadi fasih berbahasa Jerman dan Prancis, dan mengembangkan minat seumur hidup pada kuda dan pacuan kuda. Penampilan kenegaraan pertamanya adalah pada penobatan orang tuanya, Raja George V dan Ratu Mary di Westminster Abbey pada tanggal 22 Juni 1911.

Kegiatan Amal[sunting | sunting sumber]

Sang Putri (kanan) dengan ibunya Ratu Mary selama Perang Dunia I
Putri Mary memimpin perayaan (Termasuk Olive Middleton, di topi putih dan berbulu shawl) di sebuah prosesi di Headingley, Leeds tahun 1927

Selama Perang Dunia I, Putri Mary mengunjungi rumah sakit dan organisasi kesejahteraan bersama ibunya; membantu proyek untuk memberikan kenyamanan kepada prajurit Inggris dan bantuan kepada keluarga mereka. Salah satu proyek ini adalah Dana Hadiah Natal Putri Mary, yang melaluinya total hadiah senilai £100.000 dikirim untuk melayani tentara dan pelaut Inggris pada Natal 1914, (setara dengan £12,1 juta pada tahun 2023 jika disesuaikan dengan inflasi).

Dia berperan aktif dalam mempromosikan gerakan Girl Guide, VAD, dan Land Girls. Pada bulan Juni 1918, setelah pengumuman di The Gentlewoman, dia memulai kursus keperawatan di Rumah Sakit Great Ormond Street, bekerja dua hari seminggu di Bangsal Alexandra.

Pada tanggal 20 November 1918, Putri Mary menjadi anggota keluarga kerajaan pertama yang mengunjungi Prancis setelah Gencatan Senjata. Dia mengunjungi pusat-pusat yang terkait dengan Korps Perawat Tentara Kerajaan Ratu Alexandra atau Unit Detasemen Bantuan Sukarela, dan rumah sakit dengan tentara yang terluka.

Tugas publik Putri Mary mencerminkan keprihatinannya terhadap keperawatan, gerakan Girl Guide, dan Layanan Wanita. Menjelang pernikahannya, gadis-gadis di Kerajaan Inggris bernama Mary atau variannya (termasuk Marie, May, dan Miriam) bersatu untuk membentuk "The Marys of the Empire", dan menyumbangkan uang untuk hadiah pernikahan. Dia menyerahkan dana ini kepada Girl Guides Association untuk pembelian tanah milik Foxlease, dan setelah pameran hadiah pernikahannya, dia juga menyumbangkan setengah dari hasil penjualannya untuk tujuan yang sama, untuk pemeliharaan, dengan total £10.000, yang memungkinkan proyek untuk dilanjutkan.

Dia menjadi presiden kehormatan Asosiasi Pemandu Gadis Inggris pada tahun 1920, posisi yang dia pegang sampai kematiannya. Dia menerima Silver Fish Award, penghargaan dewasa tertinggi dari Girl Guiding, sebagai pengakuan atas kontribusinya terhadap gerakan tersebut. Dilaporkan pada bulan Juli 2013 bahwa British Pathé telah menemukan film berita dari tahun 1927 yang menampilkan nenek moyang Catherine Middleton, sebagai Walikota Leeds, menjadi tuan rumah bagi Putri Mary di Asosiasi Kristen Wanita Muda di Hunslet, Leeds; baik Sir Charles Lupton dan saudaranya Hugh Lupton, adalah paman dari Olive Middleton, nenek buyut Putri Wales. Pada tahun 1921, sang Putri menjadi pelindung pertama Not Forgotten Association, posisi yang dipegangnya hingga kematiannya pada tahun 1965. Pesta Teh Natal pertama di badan amal tersebut diselenggarakan oleh Mary dan diadakan di Istana St James pada tahun 1921 ketika ia mengundang 600 prajurit yang terluka untuk menghadiri acara tersebut. teh sore dan acara tersebut diadakan setiap tahun sejak saat itu. Pada tahun 1926, Putri Mary menjadi panglima Detasemen Palang Merah Inggris.

Pada tahun 1920-an, dia menjadi pelindung Festival Musik Triennial Leeds. Pada tahun 1940-an, Putri Mary menghadiri malam pembukaan dan banyak pertunjukan festival, begitu pula putranya, George, dan istrinya, Countess of Harewood, née Marion Stein, mantan pianis konser. George adalah seorang kritikus musik terkenal yang karirnya mencakup peran direktur artistik Festival Musik Triennial Leeds.

Pada tahun 1931, dia ditunjuk sebagai pelindung Dewan Pendidikan Wanita Yorkshire. Dia juga pelindung dari Girls' Patriotic Union of Day Schools.

Dilaporkan pada bulan Juli 1927 bahwa di pesta kebun di Headingley Cricket Ground, sang Putri disuguhi teh bersama para pejabat tinggi termasuk anggota keluarga Middleton; Olive Middleton, nenek buyut Catherine, Putri Wales, adalah salah satunya. Sang Putri dan putranya, George Lascelles, Earl of Harewood ke-7, adalah pelindung Yorkshire Symphony Orchestra yang pernah bermain di soirées di rumah mereka, Harewood House. Menghadiri konser ini adalah salah satu pendiri orkestra, Richard Noël Middleton, yang bersahabat dengan sang Putri. Istri Middleton, Olive, adalah anggota komite penggalangan dana Putri untuk Rumah Sakit Umum Leeds. Sepupu pertama Olive adalah sesama anggota komite Elinor G. Lupton yang dilaporkan meluncurkan permohonan penggalangan dana pada tahun 1933. Wakil presiden komite termasuk saudara ipar Putri, Yang Mulia. Nyonya Edward Lascelles, yang bertugas bersama Olive Middleton dan kerabatnya, Jessie Beatrice Kitson. Putri Mary menjadi pelindung Rumah Sakit Leeds pada tahun 1936.

Pernikahan dan Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Potret Pernikahan Putri Mary dan Viscount Lascelles pada 1922

Pada tanggal 28 Februari 1922, Putri Mary menikah dengan Viscount Lascelles, putra sulung Earl of Harewood ke-5 dan istrinya, Lady Florence Bridgeman, putri Earl of Bradford ke-3 dari Weston Park. Pengantin wanita berusia 24 tahun, sedangkan pengantin pria berusia 39 tahun.

Pernikahan mereka diadakan di Westminster Abbey, dan menarik banyak orang di sepanjang rute menuju Istana Buckingham. Upacara tersebut merupakan pernikahan kerajaan pertama yang diliput majalah mode, termasuk Vogue. Gaun pengantin wanita dirancang oleh Tuan Raville dan menampilkan lambang Inggris dan India. Ini adalah acara kerajaan pertama di mana Lady Elizabeth Bowes-Lyon, teman Putri Mary, berpartisipasi sebagai salah satu pengiring pengantin. Ia kemudian menikah dengan saudara laki-laki Mary, Pangeran Albert, dan menjadi permaisuri Britania Raya setelah ia naik takhta pada tahun 1936.

Putri Mary dan Lord Lascelles memiliki dua putra:

  • George Lascelles, Earl of Harewood ke-7 (7 Februari 1923 – 11 Juli 2011); menikah, 1949, Marion Stein; punya anak; bercerai tahun 1967; menikah, 1967, Patricia Elizabeth Tuckwell; punya anak.
  • Yang Terhormat Gerald Lascelles (21 Agustus 1924 – 27 Februari 1998); menikah, 1952, Angela Dowding; punya anak; bercerai tahun 1978; menikah dengan Elizabeth Collingwood; punya anak.

Putri Kerajaan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 6 Oktober 1929, Lord Lascelles, yang diangkat menjadi Knight of the Garter setelah pernikahannya, menggantikan ayahnya sebagai Earl of Harewood ke-6, Viscount Lascelles, dan Baron Harewood. Pada tanggal 1 Januari 1932, George V menyatakan bahwa putri satu-satunya harus menyandang gelar Putri Kerajaan, menggantikan bibinya Putri Louise, Duchess of Fife, yang meninggal setahun sebelumnya.

Putri Kerajaan sangat dekat dengan kakak laki-laki tertuanya, Pangeran Wales, yang dikenal sebagai David oleh keluarga dekatnya, yang kemudian menjadi Edward VIII setelah kematian ayah mereka pada tahun 1936. Setelah krisis turun tahta, dia dan suaminya tetap tinggal. dengan mantan Edward VIII, yang saat itu diangkat menjadi Adipati Windsor, di Kastil Enzesfeld dekat Wina. Kemudian, pada bulan November 1947, dia diduga menolak menghadiri pernikahan keponakannya, Putri Elizabeth, dengan Letnan Philip Mountbatten karena Adipati Windsor tidak diundang. Dia menyatakan kesehatan yang buruk sebagai alasan resmi ketidakhadirannya. Pada bulan Maret 1953, dia mempersingkat turnya di Hindia Barat dan sebelum kembali ke London, melakukan pengalihan mendadak ke New York, di mana dia bertemu dengan Duke dan Duchess of Windsor. Dia berfoto bersama mereka sebelum dia dan sang duke menaiki kapal yang mereka tumpangi untuk mengunjungi ibu mereka yang sakit, Ratu Mary. Saat pecahnya Perang Dunia II, Putri Kerajaan menjadi kepala pengontrol dan kemudian menjadi komandan pengontrol Layanan Teritorial Tambahan, berganti nama menjadi Korps Tentara Kerajaan Wanita pada tahun 1949. Dalam kapasitas itu, ia melakukan perjalanan keliling negeri, mengunjungi unit-unitnya, serta kantin masa perang dan organisasi kesejahteraan lainnya. Setelah kematian adik laki-lakinya, Duke of Kent pada tahun 1942, dia menjadi presiden Rumah Sakit Papworth. Princess Royal menjadi komandan kepala udara Layanan Keperawatan Angkatan Udara Kerajaan Putri Mary pada tahun 1950, dan menerima pangkat kehormatan jenderal di Angkatan Darat Inggris pada tahun 1956. Selain itu, pada tahun 1949, Senapan Gurkha ke-10 diubah namanya menjadi Senapan Gurkha Milik Putri Mary ke-10. untuk menghormatinya.

Putri Kerajaan mengunjungi Royal Hospital Haslar pada 1943

Setelah kematian suaminya pada tahun 1947, Putri Kerajaan tinggal di Harewood House bersama putra sulungnya dan keluarganya. Ia menjadi rektor Universitas Leeds pada tahun 1951, dan terus menjalankan tugas resmi di dalam dan luar negeri. Ia menghadiri penobatan Ratu Elizabeth II pada bulan Juni 1953, dan kemudian mewakili Ratu pada perayaan kemerdekaan Trinidad dan Tobago pada tahun 1962, dan Zambia pada tahun 1964. Salah satu tugas resmi terakhirnya adalah mewakili Ratu pada pemakaman Ratu Louise Swedia pada awal Maret 1965. Putri Kerajaan mengunjungi saudara laki-lakinya, Adipati Windsor, di Klinik London pada Maret 1965, ketika dia pulih dari operasi mata baru-baru ini. Sang Putri juga bertemu dengan istrinya, Adipatni Windsor, salah satu dari sedikit pertemuan Adipatni dengan keluarga dekat suaminya yang berlangsung.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 28 Maret 1965, Putri Kerajaan mengalami serangan jantung yang fatal saat berjalan-jalan dengan putra sulungnya, Lord Harewood, dan anak-anaknya di halaman perkebunan Harewood House. Mary berusia 67 tahun. Dia dimakamkan di samping suaminya di lemari besi keluarga Lascelles di Gereja All Saints, Harewood, setelah pemakaman keluarga pribadi di York Minster. Upacara peringatan diadakan di Westminster Abbey, London. Surat wasiatnya disegel di London setelah kematiannya dengan harta warisannya senilai £347.626 (atau, £8,5 juta pada tahun 2023 jika disesuaikan dengan inflasi).

Gelar, Gaya, dan Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Gelar dan Gaya[sunting | sunting sumber]

Mary dikenal sebagai "Putri Mary dari York" saat kelahirannya.[2] Mary tidak bergelar "Yang Mulia" dari lahir, hanya memegang gelar tersebut pada 1898 dari surat paten dari Ratu Victoria.[3] Setelah kematian sang ratu pada Januari 1901, Mary dikenal sebgaai Putri Mary dari Cornwall dan York, sampai ayahnya bergelar Pangeran Wales bulan November di tahun yang sama, ketika ia dikenal dengan gelar "Putri Mary dari Wales".[4]

Ketika kenaikan tahta ayahnya sebagai George V pada 1910, Mary dikenal dengan gelar "Yang Mulia Putri Mary".[a] Pada 1922, Mary menikah dengan Viscount Lascelles dan mulai menggunakan gelar "Yang Mulia Putri Mary, Viscountess Lascelles". Saat suaminya naik sebagai Earl of Harewood pada 1929, Mary dikenal sebagai "Yang Mulia Putri Mary, Countess of Harewood".[9][b] Pada 1932, ayahnya memberi gelar Putri Kerajaan, yang mana sebelumnya dipegang oleh bibinya, Louise sampai kematiannya. Selama hidupnya, Mary dikenal sebagai "Yang Mulia Putri Kerajaan".[13]

Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Imperium Britania Raya dan Persemakmuran[sunting | sunting sumber]

Negara Lain[sunting | sunting sumber]

Freedom of the City[sunting | sunting sumber]

Pengangkatan Militer Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Britania[sunting | sunting sumber]

Pangkat Militer[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Burroughs, Katrina (26 November 2012). https://www.homesandproperty.co.uk/home-garden/the-hairlooms-of-harewood-house-go-on-sale-at-christies-30876.html. Diakses tanggal 30 May 2018.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  2. ^ Coleby, Allan (2017). First Windsors. Arena Books. hlm. 59. 
  3. ^ Velde, François. "Styles of the members of the British royal family: Documents". Diakses tanggal 22 August 2023. 
  4. ^ Heywood, Valentine (1951). British Titles The Use and Misuse of the Titles of Peers and Commoners, with Some Historical Notes. A. and C. Black. hlm. 29–30. 
  5. ^ "No. 28401". The London Gazette (Supplement). 26 July 1910. hlm. 5485. 
  6. ^ "No. 32649". The London Gazette. 24 March 1922. hlm. 2427. 
  7. ^ "No. 28535". The London Gazette (Supplement). 26 September 1911. hlm. 7080. 
  8. ^ "No. 32003". The London Gazette (Supplement). 30 July 1920. 
  9. ^ Hamilton-Edwards, G. K. S. "Mary, princess royal". Oxford Dictionary of National Biography. Oxford University Press. Diakses tanggal 5 April 2023. 
  10. ^ "No. 32831". The London Gazette. 5 June 1923. hlm. 3963. 
  11. ^ "No. 32807". The London Gazette. 20 March 1923. hlm. 2163. 
  12. ^ The Civil Service Year. H. M. Stationery Office. 1931. hlm. 246. Diakses tanggal 23 August 2023. 
  13. ^ "No. 33785". The London Gazette (Supplement). 29 December 1931. hlm. 1. 
  14. ^ "No. 33284". The London Gazette. 14 June 1927. hlm. 3836. 
  15. ^ "No. 33280". The London Gazette (Supplement). 3 June 1927. hlm. 3611. 
  16. ^ Supplement to the London Gazette, 11 May 1937 (issue 34396), p. 3074
  17. ^ "H.R.H. Princess Mary, Viscountess Lascelles, wearing the uniform of the Royal Red Cross". National Library of Medicine. Diakses tanggal 1 September 2023. 
  18. ^ a b Vickers, Hugo (1994). Royal Orders. Boxtree. hlm. 147. ISBN 9781852835101. 
  19. ^ Risk, James (2001). Royal Service Volume II (edisi ke-first). London: Third Millennium. hlm. 13–46. ISBN 1903942047. 
  20. ^ "Real orden de Damas Nobles de la Reina Maria Luisa", Guía Oficial de España, 1930, hlm. 236, diakses tanggal 21 March 2019 
  21. ^ "Some Famous Honorary Freemen". The Gild of Freemen of the City of York. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 May 2013. Diakses tanggal 30 April 2022. 
  22. ^ "No. 15180". The Edinburgh Gazette. 7 June 1935. hlm. 507. 
  23. ^ Basford, Elisabeth (August 2020). Seward, Ingrid, ed. "A Quiet Devotion to Duty". Majesty. Cliff Moulder. 41 (8). Diakses tanggal 30 September 2020. Mary was rarely seen out of uniform during the Second World War as Chief Controller and later Controller Commandant of the Auxiliary Territorial Service. She travelled the length and breadth of the country visiting ATS units, canteens and military command stations. 
  24. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Headlines-Bio



Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan