Pangeran Henry, Adipati Gloucester

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangeran Henry
Pangeran Henry saat menjadi Gubenur Jenderal
Adipati Gloucester
PenerusPangeran Richard
Gubernur Jenderal Australia
Masa jabatan30 Januari 1945 – 11 Maret 1947
PendahuluLord Gowrie
PenerusSir William McKell
Informasi pribadi
Kelahiran(1900-03-31)31 Maret 1900
York Cottage, Sandringham, Britania Raya
Kematian10 Juni 1974(1974-06-10) (umur 74)
Barnwell Manor, Northamptonshire, Britania Raya
Pemakaman14 Juni 1974
WangsaWangsa Windsor
Wangsa Saxe-Coburg dan Gotha
Nama lengkap
Henry William Frederick Albert
AyahGeorge V
IbuMary dari Teck
PasanganLady Alice Montagu Douglas Scott
AnakPangeran William dari Gloucester
Pangeran Richard, Adipati Gloucester
PekerjaanGubernur Jenderal Australia, Militer

Pangeran Henry, Adipati Gloucester KG KT KP GCB GCMG GCVO GCStJ PC ADC (Henry William Frederick Albert; 31 Maret 1900 – 10 Juni 1974) adalah putra ketiga Raja George V dan Ratu Mary. Ia juga merupakan paman dari Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II.

Henry adalah putra pertama dari seorang raja Inggris yang dididik di sekolah, di mana ia unggul dalam olahraga, dan melanjutkan pendidikan ke Eton College, setelah itu ia ditugaskan di 10th Royal Hussars, sebuah resimen yang ia harap dapat dipimpin. Namun, karier militernya sering kali terganggu oleh tugas-tugas kerajaan, dan ia dijuluki "tentara yang tidak dikenal" karena profilnya yang rendah. Saat berburu hewan besar di Kenya, ia bertemu dengan calon pilot Beryl Markham, yang mana ia menjalin hubungan romantis. Pengadilan menekan dia untuk mengakhiri hubungan itu, tetapi dia harus membayar uang tutup mulut secara teratur untuk mencegah skandal publik. Pada tahun 1935, juga di bawah tekanan orang tua, ia menikahi Lady Alice Montagu Douglas Scott, dari pernikahannya ia memiliki dua putra, pangeran William dan Pangeran Richard, Adipati Gloucester.

Dari tahun 1939 hingga 1940, Henry bertugas di Prancis sebagai perwira penghubung untuk Lord Gort. Dia melakukan tugas-tugas militer dan diplomatik selama sisa perang, kemudian pada tahun 1945 ditunjuk sebagai gubernur jenderal Australia atas permintaan Perdana Menteri John Curtin. Jabatan itu awalnya ditawarkan kepada adik laki-lakinya, Pangeran George, Adipati Kent, yang meninggal dalam kecelakaan pesawat. Henry menghadiri penobatan keponakannya, Ratu Elizabeth II, pada tahun 1953 dan melakukan beberapa tur luar negeri, sering kali ditemani oleh istrinya. Mulai tahun 1965, ia menjadi tidak berdaya akibat beberapa kali stroke. Setelah kematiannya, ia digantikan sebagai Adipati Gloucester oleh satu-satunya putranya yang masih hidup, Richard.

Pangeran Henry adalah anak terakhir yang masih hidup dari Raja George V dan Ratu Mary. Jandanya, yang meninggal pada usia 102 tahun, menjadi anggota keluarga kerajaan Inggris yang hidup paling lama.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Anak-anak kerajaan pada tahun 1912: (Baris belakang l-r) Albert, Henry, dan Edward.
(Baris depan l-r) John, Mary, dan George

Pangeran Henry lahir pada 31 Maret 1900, di York Cottage, di Sandringham Estate selama masa pemerintahan buyutnya, Ratu Victoria.[1] Ayahnya adalah Duke of York (kemudian Raja George V), satu-satunya putra yang masih hidup dari Pangeran dan Putri Wales (kemudian Raja Edward VII dan Ratu Alexandra).[1] Ibunya adalah Duchess of York (kemudian Ratu Mary), satu-satunya putri dari Duke dan Duchess of Teck.[1] Pada saat kelahirannya, dia berada di urutan kelima dalam garis suksesi takhta, di belakang kakeknya, ayahnya, dan dua kakak laki-lakinya.

Dia dibaptis di kapel pribadi Kastil Windsor pada 17 Mei 1900, oleh Randall Thomas Davidson, Uskup Winchester.[butuh rujukan] Dia secara informal dikenal oleh keluarganya sebagai Harry.[2]


Masa Kecil dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

saat di Eton College tahun 1916

Sebagai seorang anak laki-laki, Pangeran Henry sering mengalami masalah kesehatan seperti kakaknya, Albert. Dia juga menderita kondisi kaki bengkok, sehingga harus mengenakan penyangga kaki yang menyakitkan. Henry adalah anak yang sangat gugup, dan sering mengalami serangan tangisan atau tertawa yang spontan. Sama seperti kakaknya, Henry juga memiliki kombinasi gangguan bicara. Keduanya memiliki rhotacism, yang membuat mereka tidak bisa mengucapkan suara "r". Namun, sementara pengucapan Albert sedikit menyerupai "r" dalam bahasa Prancis, Henry sama sekali tidak bisa mengucapkannya, sehingga "r" yang dimaksud terdengar seperti "w". Selain itu, Henry juga memiliki cadel hidung dan nada suara yang sangat tinggi, yang menghasilkan suara yang sangat khas.

Pada tahun 1909, kesehatan Henry yang buruk menjadi perhatian serius bagi orang tuanya. Dia sangat kecil untuk usianya dan rentan terkena pilek yang parah. "Kamu harus ingat bahwa dia agak rapuh dan harus diperlakukan berbeda dengan dua kakaknya yang lebih kuat," tulis Pangeran George kepada tutor Henry, Henry Peter Hansell.

Pada 6 Mei 1910, Pangeran George naik takhta sebagai George V, dan Henry menjadi urutan ketiga dalam garis suksesi takhta. Raja diyakinkan oleh Hansell bahwa akan baik bagi karakter Henry untuk bersekolah, di mana dia bisa berinteraksi dengan anak-anak seusianya. Raja, yang sebelumnya menolak usulan ini untuk dua anak sulungnya, setuju dengan alasan bahwa itu akan membantunya "berperilaku seperti anak laki-laki dan bukan seperti anak kecil". Pangeran Henry dengan demikian menjadi putra pertama dari seorang raja Inggris yang bersekolah. Setelah tiga hari di St Peter's Court di Broadstairs sebagai siswa harian, Hansell, melihat bahwa dia menyukainya, meminta Raja untuk mengirimnya sebagai siswa asrama, yang disetujui Raja.

Henry menghabiskan tiga tahun di St Peter's Court. Secara akademis, dia tidak terlalu cerdas, meskipun dia menunjukkan bakat khusus dalam matematika. Minat satu-satunya Henry menjadi olahraga, terutama kriket dan sepak bola. "Semua yang kamu tulis hanya tentang sepak bola abadi yang membuatku sangat bosan," tulis ibunya, menjawab surat rinci dari Henry tentang sebuah pertandingan.

Pada bulan September 1913, Henry mulai bersekolah di Eton College. Selama Perang Dunia Pertama, Putra Mahkota Leopold dari Belgia, yang kemudian menjadi Leopold III, adalah anggota rumahnya (Mr Lubbock's). Studinya tidak membaik, tetapi saraf dan disposisinya membaik. Dia berteman melalui antusiasmenya terhadap olahraga, dan gurunya sangat senang dengannya, mencatat dalam laporannya bahwa dia "sangat bersedia, ceria, rendah hati & patuh". Bagi ayahnya, nilai-nilai ini yang paling penting, tidak punya waktu atau minat pada apa yang dia sebut "intelektual".

Saat dia masuk ke Trinity College, Cambridge pada tahun 1919 bersama kakaknya Albert, Henry telah tumbuh lebih tinggi dan lebih besar dari semua kakaknya, dan menikmati kesehatan yang sangat baik. Masa tinggal mereka di Cambridge hanya berlangsung satu tahun dan sangat tidak penting bagi keduanya, karena mereka tidak diizinkan tinggal di kampus bersama mahasiswa lainnya, karena ketakutan ayah mereka akan pergaulan dengan teman yang tidak diinginkan.

Karir Militer[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti saudara-saudaranya, Pangeran Henry bergabung dengan Angkatan Darat daripada Angkatan Laut Kerajaan. Dia menghadiri Royal Military College, Sandhurst, pada tahun 1919, dan diangkat menjadi letnan dua di King's Royal Rifle Corps pada 16 Juli 1919. Pada 16 Juli 1921, dia dipromosikan menjadi letnan di 10th Royal Hussars, di mana dia terus bertugas. Meskipun dia ingin bertugas dalam peran yang lebih aktif sebagai tentara, posisinya sebagai anggota senior keluarga kerajaan secara efektif menutup peluang tersebut. Dia tetap tertarik pada olahraga dan The Cricketer melaporkan pada Agustus 1921 bahwa tur Philadelphians mendapat kehormatan diperkenalkan kepada Pangeran Henry di The Oval.

Pangeran Henry dipromosikan menjadi kapten pada 11 Mei 1927, dan diangkat sebagai aide-de-camp pribadi untuk ayahnya pada 2 Agustus 1929. Pada 3 Maret 1931, dia diangkat sebagai kapten staf dan ditugaskan untuk bertugas dengan Brigade Kavaleri ke-2. Dia dipromosikan menjadi mayor pada 2 Agustus 1934, dan pada Silver Jubilee ayahnya pada Mei berikutnya, dia diangkat menjadi Kolonel-in-Chief dari Gloucestershire Regiment. Pada 6 Juli 1935, dia dipromosikan ke pangkat mayor substantif, pangkat terakhirnya sebagai perwira yang aktif bertugas. Pada 23 Juni 1936, dia diangkat sebagai aide-de-camp pribadi untuk kakaknya yang tertua, Edward VIII.

Setelah abdikasi kakaknya dan naiknya saudara laki-lakinya, Duke of York, sebagai George VI, Pangeran Henry secara efektif pensiun dari tugas aktif, dan menerima promosi seremonial menjadi mayor-jenderal pada 1 Januari 1937, melewati tiga pangkat. Dia terus melayani sebagai aide-de-camp pribadi untuk raja yang baru, menerima penunjukan ini pada 1 Februari. Pada 12 Maret, dia menerima kolonel dari resimen sebelumnya, 10th Royal Hussars, bersama dengan kolonel dari Royal Inniskilling Fusiliers dan Gordon Highlanders. Pada 28 Mei, dia menerima penunjukan kehormatan sebagai kapten di Royal Naval Volunteer Reserve (RNVR), diikuti oleh penunjukannya pada 10 November untuk kolonel kehormatan dari Ceylon Planters' Rifle Corps dan Ceylon Light Infantry (sekarang Sri Lanka Light Infantry).

Setelah pecahnya Perang Dunia II, dia bergabung dengan British Expeditionary Force, dan diangkat sebagai Chief Liaison Officer pada 4 September 1939. Pada Januari 1940, dia diangkat menjadi kolonel dari Ulster Anti-Aircraft Regiments, Royal Artillery dan Territorial Army. Dia terluka ringan pada tahun 1940 ketika mobil stafnya diserang dari udara. Pada Agustus 1940, dia diangkat sebagai Chief Liaison Officer, GHQ Home Forces. Dia juga menjadi wakil komandan Brigade Lapis Baja Ringan ke-20 tahun itu, dan dipromosikan menjadi letnan-jenderal pada 17 September 1941. Pada 27 Oktober 1944, dia dipromosikan ke pangkat jenderal penuh.

Dia diangkat menjadi Field Marshal pada tahun 1955 dan Marshal of the Royal Air Force pada tahun 1958.

Adipati Gloucester[sunting | sunting sumber]

Henry (kanan) dengan saudaranya Pangeran Wales dan Pangeran George di sampul majalah Time, 8 Agustus 1927

Pada 31 Maret 1928, ayahnya memberinya gelar Adipati Gloucester, Earl of Ulster, dan Baron Culloden, tiga gelar yang menghubungkannya dengan tiga bagian dari Britania Raya, yaitu Inggris, Irlandia Utara, dan Skotlandia. Pangeran Henry mengunjungi Kanada pada tahun 1928.

Sebelum pernikahannya, ambisi terbesar Pangeran Henry adalah suatu hari memimpin resimennya, 10th Royal Hussars, atau setidaknya menghabiskan sebanyak mungkin waktu di angkatan darat. Meskipun dia adalah prajurit yang cakap, sebagai putra Raja, dia dilarang bergabung dengan resimennya di luar negeri, dan ini berarti dia umumnya dianggap sebagai orang luar oleh sesama perwiranya. Dengan keputusasaan yang semakin meningkat, dia harus memenuhi banyak tugas kerajaan yang diberikan ayahnya kepadanya.

Pada bulan September 1928, Henry meninggalkan Inggris bersama saudaranya Edward, Pangeran Wales, untuk berburu binatang besar di Afrika. Saudara-saudara ini berpisah di Nairobi, di mana Henry akan tinggal untuk sementara waktu. Di sana, dia dijamu oleh Mansfield Markham dan istrinya Beryl Markham. Beryl dan Henry segera memulai hubungan (meskipun sumber berbeda mengenai kapan hubungan tersebut dimulai; banyak yang mengatakan itu tidak terjadi sampai kunjungan Beryl ke Inggris). Pada bulan November, saudara-saudaranya dipanggil kembali ke Inggris karena kesehatan ayah mereka yang memburuk, dan tidak lama kemudian Beryl juga kembali. Di Grosvenor Hotel, dekat dengan [[Istana Buckingham]}, hubungan tersebut berlanjut dengan Pangeran Henry secara terbuka mengadakan pesta bersama Beryl di suite-nya dan terlalu banyak minum.

Hubungan ini, yang dikenal luas oleh masyarakat London, mengejutkan Ratu, yang membuat Pangeran Wales senang karena dia berkomentar bahwa "untuk sekali ini, anak kesayangan Ratu Mary yang bermata biru berada dalam masalah, bukan dirinya sendiri". Raja turun tangan, berpikir bahwa membuat Henry sibuk akan menjadi cara terbaik untuk mengakhiri hubungan tersebut, serta mencegahnya terlalu sering minum. Pada tahun itu, dia mengatur serangkaian tur untuk dilakukan oleh putranya.

Pada tahun 1929, dia pergi ke Jepang untuk mengarahkan Garter pada Kaisar, dan setahun kemudian dia menghadiri penobatan Haile Selassie dari Ethiopia di Addis Ababa. Pada tahun 1934, George V menjadikannya Knight of St Patrick, ordo kesatria Irlandia. Itu adalah kali kedua terakhir ordo ini diberikan (penunjukan terakhir adalah Duke of York, yang kemudian menjadi George VI, pada tahun 1936); pada saat kematiannya, Adipati Gloucester adalah satu-satunya kesatria yang tersisa. Pada tahun 1934, dia pergi ke Australia dan Selandia Baru di mana orang-orang menyambutnya dengan antusiasme yang luar biasa sehingga seorang jurnalis menulis, "(mencapai) sesuatu yang sangat mendekati pemujaan".

Pernikahan dan Keluarga[sunting | sunting sumber]

George Handley (Walikota) dan Adipati Gloucester saat kunjungannya ke Wangaratta 22 Oktober 1934
Adipati dan Adipatni Gloucester bersama kedua putranya William (berdiri) dan Richard di Canberra

Ketika dia kembali dari perjalanannya ke Jepang pada tahun 1929, hubungan dengan Markham berakhir. Suaminya ingin bercerai dan mengancam akan mengungkapkan surat pribadi Pangeran Henry kepada istrinya jika dia tidak "mengurus Beryl". Adipati dan Beryl tidak pernah bertemu lagi, meskipun dia menulis surat kepadanya ketika dia mengunjungi Kenya pada tahun 1950 bersama istrinya, tetapi dia tidak membalas. Pengacara Pangeran Henry membayar tunjangan tahunan sampai kematian Beryl pada tahun 1985.

Setelah tur ke Australia dan Selandia Baru, dan didesak oleh orang tuanya, Pangeran Henry memutuskan sudah saatnya untuk menetap dan melamar Lady Alice Montagu Douglas Scott, saudara perempuan salah satu teman terbaik Henry, Lord William Montagu Douglas Scott. Lamaran tersebut, tulis Lady Alice bertahun-tahun kemudian, tidak romantis sama sekali karena "itu bukan caranya", melainkan dia hanya "menggumamkannya saat kami sedang berjalan suatu hari". Mereka menikah pada 6 November 1935. Pernikahan itu awalnya direncanakan berlangsung di Westminster Abbey, tetapi dipindahkan ke Kapel Pribadi yang lebih sederhana di Istana Buckingham karena kematian ayah Lady Alice, Duke of Buccleuch, pada 19 Oktober 1935, hanya beberapa minggu sebelum pernikahan. Setelah mengalami dua kali keguguran, Adipatni Gloucester melahirkan dua putra:

  • Pangeran William dari Gloucester (18 Desember 1941 – 28 Agustus 1972)

Dia menikah dengan seorang warga negara Denmark, Birgitte van Deurs, pada 8 Juli 1972. Pasangan ini kemudian memiliki tiga anak.

Pasangan ini pertama kali tinggal di Royal Pavilion di Aldershot, dekat barak resimen Adipati. "Itu adalah kabin yang sangat sederhana", kenang Adipati Gloucester, dan "satu-satunya hal yang kerajaan tentang itu adalah kehadiran suamiku". Setelah kematian ayahnya, Adipati membeli Barnwell Manor pada tahun 1938. Sebagai tempat tinggal mereka di London, mereka diberi York House di Istana St James.

Gubernur Jendral Australia[sunting | sunting sumber]

Adipati Gloucester menjadi Gubernur Jendral Australia tahun 1945

Pada akhir tahun 1944, Adipati secara tak terduga diangkat sebagai Gubernur Jenderal Australia setelah kematian adik laki-lakinya, Adipati Kent, pada tahun 1942, yang sebelumnya ditawari posisi tersebut.

Adipati telah melakukan kunjungan yang sukses ke Australia pada tahun 1934. Karena Adipati pemalu, dia kadang-kadang tampak kaku dan formal, tetapi dia dan Adipatni melakukan perjalanan luas di Australia menggunakan pesawat pribadinya selama mereka menjabat. Ketika Perdana Menteri Curtin meninggal pada tahun 1945, Duke menunjuk Frank Forde sebagai perdana menteri.

Gloucester meninggalkan Australia pada bulan Maret 1947, setelah dua tahun menjabat. Dia dipanggil kembali ke Inggris untuk bertindak, atas nama Raja, sebagai Counsellor of State selama kunjungan oleh George VI dan Putri Elizabeth serta Margaret ke Afrika Selatan. Sebagai hadiah perpisahan, dia meninggalkan pesawat pribadinya untuk digunakan oleh pemerintah dan rakyat Australia.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Adipati meninggal pada 10 Juni 1974 pada usia 74 tahun. Dia adalah anak terakhir yang masih hidup dari Raja George V dan Ratu Mary, serta kesatria terakhir yang hidup dari Ordo St Patrick. Jenazahnya dimakamkan di Royal Burial Ground, Frogmore.

Surat wasiatnya disegel di London setelah kematiannya pada tahun 1981. Harta warisannya dinilai sebesar £734,262 (atau £5,6 juta pada tahun 2022 setelah disesuaikan dengan inflasi).

Putra keduanya, dan satu-satunya yang masih hidup, Pangeran Richard, mewarisi gelar Duke of Gloucester. Janda Duke, Alice, menerima izin dari Ratu Elizabeth II untuk menggunakan gelar Putri Alice, Duchess of Gloucester, untuk membedakan dirinya dari istri Pangeran Richard. Dia hidup lebih lama 30 tahun dari suaminya sampai kematiannya pada 29 Oktober 2004, menjadi anggota keluarga kerajaan Inggris yang paling lama hidup dalam sejarah pada usia 102 tahun.

Gelar dan Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Military[sunting | sunting sumber]

Leluhur[sunting | sunting sumber]

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
8. Pangeran Albert dari Saxe-Coburg dan Gotha
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
4. Edward VII, Raja Britania Raya
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
9. Victoria, Ratu Britania Raya
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
2. George V, Raja Britania Raya
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
10. Christian IX, Raja Denmark
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
5. Putri Alexandra dari Denmark
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
11. Putri Louise dari Hesse-Kassel
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
1. Pangeran Henry, Adipati Gloucester
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
12. Adipati Alexander dari Württemberg
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
6. Francis, Adipati Teck
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
13. Countess Claudine Rhédey von Kis-Rhéde
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
3. Putri Mary dari Teck
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
14. Pangeran Adolphus, Adipati Cambridge
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
7. Putri Mary Adelaide dari Cambridge
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
15. Putri Augusta dari Hesse-Kassel
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  1. ^ a b c Oxford Dictionary of National Biography
  2. ^ "30 Mar 1953 - Last respects to Queen Mary - Trove". Courier-Mail. 30 March 1953. 
  3. ^ "Monarchy Today: Queen and Public: Honours: Order of St Patrick". Official website of the British Monarchy. Diakses tanggal 2008-12-15. 
  4. ^ The Times, 25 Februari 1942, p. 7.
  5. ^ "No. 34147". The London Gazette. 2 April 1935. hlm. 2230. 
  6. ^ P. Galloway, D. Stanley, D. Martin (1996), Royal Service, volume 1, pp. 209–212 (London: Victorian Publishing, ISBN 0-9528527-0-5)
  7. ^ Tozer, Charles W. (1975). The Insignia and Medals of the Grand Priory of the Most Venerable Order of the Hospital of St. John of Jerusalem. London, GBR: J. B. Hayward and Son. hlm. 78. 
  8. ^ a b "No. 15180". The Edinburgh Gazette. 7 June 1935. hlm. 507. 
  9. ^ "No. 33831". The London Gazette. 31 May 1932. hlm. 3573. 
  10. ^ "Den kongelige norske Sanct Olavs Orden", Norges Statskalender for Aaret 1930 (dalam bahasa Norwegian), Oslo: Forlagt av H. Aschehoug & Co. (w. Nygaard), 1930, hlm. 995–996 – via runeberg.org 
  11. ^ "Insignia of the Order of the Chrysanthemum (Japan). George V's insignia: collar & badge 1900-20". Royal Collection. Diakses tanggal 25 December 2020. 
  12. ^ Bille-Hansen, A. C.; Holck, Harald, ed. (1933) [1st pub.:1801]. Statshaandbog for Kongeriget Danmark for Aaret 1933 [State Manual of the Kingdom of Denmark for the Year 1933] (PDF). Kongelig Dansk Hof- og Statskalender (dalam bahasa Dansk). Copenhagen: J.H. Schultz A.-S. Universitetsbogtrykkeri. hlm. 17. Diakses tanggal 5 March 2020 – via da:DIS Danmark. 
  13. ^ M. & B. Wattel (2009). Les Grand'Croix de la Légion d'honneur de 1805 à nos jours. Titulaires français et étrangers (dalam bahasa French). Paris: Archives & Culture. hlm. 463. ISBN 978-2-35077-135-9. 
  14. ^ Royal Thai Government Gazette (17 July 1939). "แจ้งความสำนักนายกรัฐมนตรี เรื่อง ส่งเครื่องราชอิสริยาภรณ์ไปพระราชทาน" (PDF) (dalam bahasa Thai). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 8 May 2019. Diakses tanggal 2019-05-08. 
  15. ^ Per Nordenvall (1998). "Kungl. Maj:ts Orden". Kungliga Serafimerorden: 1748–1998 (dalam bahasa Swedia). Stockholm. ISBN 91-630-6744-7. 
  16. ^ GLOUCESTER S.A.R. Duca di Glucester, Onorificenze, Palazzo Quirinale website