Pangeran George, Adipati Kent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pangeran George, Adipati Kent (George Edward Alexander Edmund; 20 Desember 1902 - 25 Agustus 1942) adalah putra keempat dari Raja George V dan Ratu Mary. Ia juga merupakan paman dari Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II

Pangeran George
Adipati Kent
Kelahiran(1902-12-20)20 Desember 1902
Pondok York, Sandringham
Kematian25 Agustus 1942(1942-08-25) (umur 39)
Morven, Skotlandia
Pemakaman29 Agustus 1942
Kapel St. George, Kastel Windsor dan kemudian Tanah Pemakaman Royal, Frogmore
WangsaWindsor (dari 1917)
Saxe-Coburg dan Gotha (sampai 1917)
Nama lengkap
George Edward Alexander Edmund
AyahGeorge V dari Britania Raya
IbuMary dari Teck
Pasangan
Anak
Karier militer
PengabdianBritania Raya
Dinas/cabangAngkatan Laut
Tentara
Angkatan Udara
Lama dinas1916 - 1942
PangkatLaksamana Belakang (Angkatan Laut Kerajaan (RN))
Mayor Jenderal (Britania Raya)
Komodor Angkatan Udara (RAF)
Perang/pertempuranPerang Dunia I
Perang Dunia II

Dia adalah adik laki-laki dari Edward VIII dan Raja George VI. Dia memangku gelar Adipati Kent dari 1934 sampai kematiannya pada bulan Agustus 1942.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Pangeran George (paling kanan) bersama saudaranya pada 1912

Pangeran George lahir pada 20 Desember 1902 di York Cottage di Sandringham Estate di Norfolk, Inggris. Ayahnya adalah Pangeran Wales (kemudian Raja George V), satu-satunya putra yang masih hidup dari Raja Edward VII dan Ratu Alexandra.

Ibunya adalah Putri Wales, kemudian Ratu Mary, satu-satunya putri dan anak tertua dari Adipati dan Adipatni Teck. Pada saat kelahirannya, dia berada di urutan kelima dalam garis suksesi takhta, di belakang ayahnya dan tiga kakak laki-lakinya: Edward, Albert, dan Henry.

George dibaptis di Kapel Pribadi di Kastil Windsor pada 26 Januari 1903 oleh Francis Paget, Uskup Oxford. Orang tua baptisnya adalah Raja Edward VII (kakek dari pihak ayah), Pangeran Valdemar dari Denmark (paman buyut dari pihak ayah, diwakili oleh Pangeran Carl dari Denmark, pamannya), Pangeran Louis dari Battenberg (suami sepupu ayahnya), Ratu Alexandra (nenek dari pihak ayah), Janda Permaisuri Maria Feodorovna (bibi buyut dari pihak ayah, diwakili oleh Putri Victoria dari Britania Raya, bibinya), dan Putri Christian dari Schleswig-Holstein (bibi buyut dari pihak ayah).

Pendidikan dan Karir[sunting | sunting sumber]

George (tengah) dengan saudaranya Pangeran Wales dan Pangeran Henry di sampul majalah Time, 8 Agustus 1927

Pangeran George menerima pendidikan awal dari seorang tutor dan kemudian mengikuti kakak laki-lakinya, Pangeran Henry, ke St Peter's Court, sebuah sekolah persiapan di Broadstairs, Kent. Pada usia 13 tahun, seperti kakak-kakaknya, Pangeran Wales (kemudian Raja Edward VIII) dan Pangeran Albert (kemudian Raja George VI), dia masuk ke perguruan tinggi angkatan laut, pertama di Osborne dan kemudian di Dartmouth. Dia dipromosikan menjadi sub-letnan pada 15 Februari 1924, dan dipromosikan menjadi letnan pada 15 Februari 1926. Dia tetap dalam dinas aktif di Angkatan Laut Kerajaan hingga Maret 1929, bertugas di HMS Iron Duke dan kemudian di kapal utama Armada Atlantik (berganti nama menjadi Armada Dalam Negeri pada tahun 1932), HMS Nelson. Dia bertugas di kapal terakhir sebagai letnan di staf laksamana sebelum dipindahkan pada tahun 1928 ke HMS Durban di Stasiun Amerika dan Hindia Barat, yang berbasis di Galangan Kapal Angkatan Laut Kerajaan di Bermuda. Ayahnya sebelumnya bertugas di Bermuda di HMS Canada dan HMS Thrush, sebagai letnan pengawas.

Setelah meninggalkan angkatan laut, dia sebentar memegang jabatan di Kantor Luar Negeri dan kemudian di Kantor Dalam Negeri, menjadi anggota keluarga kerajaan pertama yang bekerja sebagai pegawai negeri. Dia terus menerima promosi setelah meninggalkan dinas aktif: menjadi komandan pada 15 Februari 1934 dan menjadi kapten pada 1 Januari 1937.

Dari Januari hingga April 1931, Pangeran George dan kakak laki-lakinya, Pangeran Wales, melakukan perjalanan sejauh 18.000 mil dalam tur ke Amerika Selatan. Perjalanan keluar mereka dengan kapal laut Oropesa. Di Buenos Aires mereka membuka Pameran Kerajaan Inggris. Mereka melanjutkan perjalanan dari Río de la Plata ke Rio de Janeiro dengan kapal Alcantara dan kembali dari Brasil ke Eropa dengan kapal Arlanza, mendarat di Lisbon. Para pangeran kembali melalui Paris dan penerbangan Imperial Airways dari Bandar Udara Paris–Le Bourget yang mendarat secara khusus di Windsor Great Park.

Pada 23 Juni 1936, George diangkat sebagai ajudan pribadi untuk kakak laki-laki tertuanya, raja baru, Edward VIII. Setelah pengunduran diri Edward VIII, dia diangkat sebagai ajudan pribadi angkatan laut untuk kakak laki-lakinya, yang sekarang menjadi George VI. Pada 12 Maret 1937, dia ditugaskan sebagai kolonel di Angkatan Darat Inggris dan dengan pangkat setara group captain di Angkatan Udara Kerajaan (RAF). Dia juga diangkat sebagai Kolonel-in-Chief dari Royal Fusiliers pada tanggal yang sama.

Pada Oktober 1938 George diangkat sebagai Gubernur Jenderal Australia menggantikan Lord Gowrie dengan mulai berlaku dari November 1939. Pada 11 September 1939 diumumkan bahwa, karena pecahnya Perang Dunia Kedua, pengangkatan tersebut ditunda.

Pada 8 Juni 1939, George dipromosikan ke pangkat laksamana madya di Angkatan Laut Kerajaan, mayor jenderal di Angkatan Darat Inggris, dan wakil marsekal udara di Angkatan Udara Kerajaan. Pada awal Perang Dunia Kedua, George kembali ke dinas angkatan laut aktif dengan pangkat laksamana madya, sebentar bertugas di Divisi Intelijen dari Admiralty.

Dia adalah pelindung Society for Nautical Research antara tahun 1926 dan 1942.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Adipati dan Adipatni Kent tahun 1934

Pada 9 Oktober 1934, dalam antisipasi pernikahannya yang akan datang dengan sepupu keduanya, Putri Marina dari Yunani dan Denmark, ia diangkat sebagai Adipati Kent, Earl of St Andrews, dan Baron Downpatrick. Pasangan ini menikah pada 29 November 1934 di Westminster Abbey. Pernikahan tersebut diikuti dengan upacara Yunani di kapel pribadi di Istana Buckingham, yang diubah menjadi kapel Ortodoks untuk upacara tersebut. Mereka memiliki tiga anak:

Skandal[sunting | sunting sumber]

Ada desas-desus bahwa dia memiliki hubungan dengan bintang musik Jessie Matthews, penulis Cecil Roberts, dan Noël Coward, hubungan yang disangkal oleh pasangan jangka panjang Coward, Graham Payn. Saat menikah, dia memiliki hubungan gelap dengan Margaret Whigham, yang kemudian dikenal sebagai Margaret Campbell, Adipatni Argyll.

George juga dikabarkan kecanduan obat, terutama morfin dan kokain, tuduhan yang konon berasal dari persahabatannya dengan Kiki Preston (lahir Alice Gwynne, 1898–1946), yang pertama kali ia temui pada pertengahan tahun 1920-an. Dikenal sebagai "wanita dengan jarum suntik perak" karena kecanduannya pada heroin, Preston – sepupu pewaris jalur kereta api Gloria Vanderbilt – pertama kali menikah dengan Horace R. B. Allen dan kemudian, pada tahun 1925, dengan banker Jerome Preston. Dia meninggal setelah melompat dari jendela Stanhope Hotel di New York City.

Hubungan seksual lain yang diduga termasuk ménage à trois dengan Preston dan José Uriburu, putra biseksual dari duta besar Argentina untuk Inggris, José Uriburu Tezanos.

Selain anak-anak sahnya, dikabarkan bahwa dia memiliki seorang putra dari Kiki Preston. Menurut memoar seorang teman, Loelia, Adipatni Westminster, saudara laki-lakinya, Adipati Windsor, percaya bahwa putra tersebut adalah Michael Temple Canfield (1926–1969), anak angkat dari penerbit Amerika Cass Canfield – dan mantan suami pertama Lee Radziwill, saudari dari Ibu Negara Jacqueline Kennedy Onassis (istri Presiden John F. Kennedy).

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada 25 Agustus 1942, George dan 14 orang lainnya lepas landas dengan pesawat terbang Short Sunderland RAF W4026 dari Invergordon, Ross dan Cromarty, untuk terbang ke Islandia dalam tugas non-operasional. Pesawat itu jatuh di Eagle's Rock, sebuah lereng bukit dekat Dunbeath, Caithness, Skotlandia. George dan semua kecuali satu orang di pesawat tewas. Dia berusia 39 tahun.

Lynn Picknett dan Clive Prince menulis tentang kecelakaan itu dalam buku mereka Double Standards, yang, bagaimanapun, telah dikritik karena "ketidakakuratan yang mustahil". Mereka menuduh bahwa Kent membawa sebuah koper penuh uang kertas 100 krona Swedia, tidak berharga di Islandia, yang terikat pada pergelangan tangannya, sehingga menimbulkan spekulasi bahwa penerbangan itu adalah misi militer ke Swedia, satu-satunya tempat di mana uang kertas Swedia memiliki nilai.

Kematian George dalam dinas RAF menandai kali pertama dalam lebih dari 450 tahun seorang anggota keluarga kerajaan meninggal dalam dinas aktif. Jenazah pangeran tersebut awalnya dipindahkan ke Kapel St George, Windsor, dan dia dimakamkan di Royal Burial Ground, Frogmore, tepat di belakang mausoleum Ratu Victoria. Putranya yang lebih tua, Pangeran Edward berusia enam tahun, menggantikannya sebagai Adipati Kent. Putri Marina, istrinya, baru saja melahirkan anak ketiga mereka, Pangeran Michael, tujuh minggu sebelum kematian Pangeran George. Wasiatnya di segel di Llandudno pada tahun 1943. Hartanya dinilai £157,735 (atau £5 juta pada tahun 2022 ketika disesuaikan dengan inflasi).

Satu anggota kru RAF selamat dari kecelakaan itu: Sersan Penerbangan Andrew Jack, penembak belakang Sunderland. Keponakan Sersan Penerbangan Jack telah mengklaim bahwa Jack mengatakan kepada saudaranya bahwa Pangeran tersebut berada di kendali pesawat; bahwa Jack telah menariknya dari kursi pilot setelah kecelakaan; dan bahwa ada satu orang tambahan di pesawat yang identitasnya tidak pernah diungkap.

Gelar dan gaya lengan[sunting | sunting sumber]

Judul dan gaya[sunting | sunting sumber]

  • 1902–1910: Yang Mulia Pangeran George dari Wales [1]
  • 1910–1934: Yang Mulia Pangeran George
  • 1934–1942: Yang Mulia Adipati Kent

Leluhur[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sebagai cucu dari seorang raja Inggris dalam garis keturunan laki-laki, dia diberi nama `` Yang Mulia Pangeran George dari Wales .