Putri Alexandra, Yang Terhormat Nyonya Ogilvy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Putri Alexandra, Yang Terhormat Nyonya Ogilvy (Alexandra Helen Elizabeth Olga Chrsitabel; lahir 25 Desember 1936) adalah seorang anggota Keluarga Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II dan Putri Alexandra adalah sepupu melalui ayah mereka, Raja George VI dan Pangeran George, Adipati Kent. Ibu Alexandra, Putri Marina dari Yunani dan Denmark juga adalah sepupu dari suami sang Ratu, Pangeran Philip, Adipati Edinburgh, sehingga Alexandra juga adalah kerabat Raja Charles III.[1]

Putri Alexandra
Yth. Nyonya Ogilvy
Putri Alexandra pada tahun 2010
KelahiranPutri Alexandra dari Kent
25 Desember 1936 (umur 87)
Belgravia, London, Inggris
WangsaWangsa Windsor
Nama lengkap
Alexandra Helen Elizabeth Olga Christabel
AyahPangeran George, Adipati Kent
IbuPutri Marina dari Yunani dan Denmark
Pasangan
(m. 1963; meninggal 2004)
Anak
PendidikanSekolah Heathfield, Ascot

Putri Alexandra adalah janda dari pebisnis Angus Ogilvy, yang dia nikahi dari tahun 1963 sampai kematiannya pada tahun 2004. Pada waktu kelahirannya, dia berada di urutan ke-6 Garis Suksesi Takhta Inggris; per September 2022, dia berada di urutan ke-57.[2]


Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Alexandra umur 11 oleh Hay Wrightson

Putri Alexandra lahir pada tanggal 25 Desember 1936 di 3 Belgrave Square, London. Orangtuanya adalah Pangeran George, Adipati Kent, putra keempat Raja George V dan Ratu Mary, serta Putri Marina dari Yunani dan Denmark, putri Pangeran Nicholas dari Yunani dan Denmark serta Adipati Agung Elena Vladimirovna dari Rusia. Namanya diambil dari nama nenek buyut dari pihak ayah, Ratu Alexandra; neneknya, Grand Duchess Elena Vladimirovna dari Rusia; dan kedua bibi dari pihak ibu, Countess Elizabeth dari Törring-Jettenbach dan Putri Olga dari Yugoslavia. Dia menerima nama Christabel karena dia lahir pada Hari Natal, seperti bibinya Putri Alice, Duchess of Gloucester. Kelahirannya merupakan tradisi terakhir yang menghadirkan Menteri Dalam Negeri untuk memverifikasi kelahiran calon pewaris takhta. John Simon hadir dan menjadi orang terakhir yang melakukannya.

Sebagai cucu perempuan raja Inggris, ia bergelar putri Inggris dengan awalan Yang Mulia. Pada saat kelahirannya, ia berada di urutan keenam dalam garis suksesi takhta Inggris, di belakang sepupunya Elizabeth dan Margaret, pamannya Adipati Gloucester, ayahnya Adipati Kent, dan kakak laki-lakinya Pangeran Edward. Ia dilahirkan dua minggu setelah pamannya Raja Edward VIII turun takhta.

Alexandra dibaptis di Kapel Pribadi Istana Buckingham pada tanggal 9 Februari 1937, dan orang tua baptisnya adalah Raja George VI dan Ratu Elizabeth (paman dan bibi dari pihak ayah); Ratu Norwegia (bibi buyutnya); Putri Nicholas dari Yunani dan Denmark (nenek dari pihak ibu); Putri Olga dari Yugoslavia (bibi dari pihak ibu); Putri Beatrice (bibi buyut dari pihak ayah); Earl of Athlone (paman buyut dari pihak ayah); dan Pangeran Karl Theodor dari Törring-Jettenbach (paman dari pihak ibu karena menikah). Dari orang tua baptisnya, hanya Raja dan Ratu serta Lord Athlone yang hadir.

Alexandra menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di rumah pedesaan keluarganya, Coppins, di Buckinghamshire. Selama Perang Dunia Kedua dia juga tinggal di Bulu Tangkis bersama neneknya yang menjanda, Ratu Mary. Ayahnya tewas dalam kecelakaan pesawat di Caithness, Skotlandia, pada 25 Agustus 1942, saat bertugas di Royal Air Force. Alexandra memiliki keistimewaan sebagai putri Inggris pertama yang bersekolah di sekolah berasrama, Heathfield School dekat Ascot. Dia kemudian belajar di Paris. Dia juga dilatih di Rumah Sakit Great Ormond Street.

Pernikahan dan Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Putri Alexandra dari Kent saat kunjungan ke Belanda pada Juni 1961

Pada 24 April 1963, ia menikah dengan The Hon. Angus James Bruce Ogilvy (1928–2004), putra kedua David Ogilvy, Earl of Airlie ke-12, dan Lady Alexandra Coke, di Westminster Abbey. Ogilvy memberi Alexandra cincin pertunangan yang terbuat dari safir cabochon bertatahkan emas dan dikelilingi berlian di kedua sisinya. Upacara pernikahan tersebut dihadiri oleh keluarga kerajaan dan disiarkan ke seluruh dunia melalui televisi, ditonton oleh sekitar 200 juta orang.

Potret Formal Putri Alexandra tahun 1952

Pengantin wanita mengenakan gaun pengantin berenda Valenciennes, dengan kerudung dan kereta yang serasi, dirancang oleh John Cavanagh. Dia berjalan bersama saudara laki-lakinya, Adipati Kent, dari Istana Kensington ke gereja. Pengiring pengantinnya termasuk Putri Anne dan Adipati Agung Elisabeth dari Austria, dan pendamping pengantin pria adalah Peregrine Fairfax. Uskup Agung Canterbury, Michael Ramsey, memimpin kebaktian tersebut. Angus Ogilvy menolak tawaran Ratu untuk dijadikan earl setelah menikah, sehingga anak-anak mereka tidak memiliki gelar.

Angus Ogilvy dianugerahi gelar kebangsawanan pada tahun 1988 (ketika Putri Alexandra mengambil gaya Yang Mulia Lady Ogilvy), kemudian dilantik menjadi Dewan Penasihat pada tahun 1997. Putri Alexandra dan Angus Ogilvy memiliki dua anak, James dan Marina, dan empat cucu:

  • James Robert Bruce Ogilvy (lahir 29 Februari 1964 di Thatched House Lodge, Richmond Park, Surrey). Ia menikah dengan Julia Caroline Rawlinson pada tanggal 30 Juli 1988 di Gereja St Mary di Saffron Walden, Essex. Pasangan ini mempunyai anak:
    • Flora Alexandra Vesterberg (lahir 15 Desember 1994 di Edinburgh, Skotlandia). Dia menikah dengan Timothy Vesterberg di Chapel Royal, Istana St James, pada 26 September 2020.
    • Alexander Charles Ogilvy (lahir 12 November 1996 di Edinburgh, Skotlandia).
  • Marina Victoria Alexandra Ogilvy (lahir 31 Juli 1966 di Thatched House Lodge, Richmond Park, Surrey). Ia menikah dengan Paul Julian Mowatt (Hendon, 28 November 1962) pada 2 Februari 1990; mereka bercerai pada tanggal 15 Oktober 1997. Mereka memiliki dua anak:
    • Zenouska May Mowatt (lahir 26 Mei 1990 di Roehampton, Inggris). Saat ini bekerja sebagai Kepala Pemasaran untuk Halcyon Days Ltd.
    • Christian Alexander Mowatt (lahir 4 Juni 1993 di London, Inggris)

Kehamilan pertama Marina yang diumumkan pada akhir tahun 1989 menimbulkan kontroversi karena pasangan tersebut belum menikah. Hal ini mengakibatkan perselisihan dengan orang tuanya yang menyarankan agar dia menikahi temannya atau melakukan aborsi. Dalam sebuah wawancara dengan sebuah tabloid saat itu, Marina mengklaim bahwa orang tuanya telah memotong dana perwalian dan tunjangan bulanannya karena ketidaksetujuan mereka terhadap perilakunya.

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Putri Alexandra saat turnya ke Australia pada 1959
Putri Alexandra di Ossett tahun 1977

Komisaris oleh Angus Ogilvy setelah pernikahan mereka pada tahun 1963. Dia juga menggunakan apartemen mewah di Istana St James di London.

Sang Putri adalah pelindung Blackie Foundation Trust, sebuah badan amal yang didedikasikan untuk mempromosikan penelitian dan pendidikan di bidang homoeopati. Dia juga merupakan pelindung Apotik Rakyat untuk Hewan Sakit; Opera Nasional Inggris; Paduan Suara Philharmonic London; Orkestra Simfoni Bournemouth; Aula Wigmore; Yayasan Florence Nightingale; asosiasi perumahan nirlaba Anchor; badan amal Independent Age; Rumah Sakit St Christopher di Sydenham, Inggris; Core, sebuah badan amal nasional di London yang didedikasikan untuk mendanai penelitian penyakit pencernaan dan juga menerbitkan selebaran informasi tentang penyakit paling umum pada usus dan hati; Alam dalam Seni Trust; dan Akademi Musik dan Seni Drama London (LAMDA), sekolah drama tertua di dunia berbahasa Inggris. Dia telah menjadi pelindung Rumah Sakit Anak Royal Alexandra di Brighton sejak tahun 1954 dan Masyarakat Alzheimer sejak tahun 1990. Dia juga merupakan pelindung kerajaan dari Children and Families Across Borders (CFAB), sebuah badan amal yang didedikasikan untuk menyatukan kembali anak-anak yang telah terpisah dari rumah mereka. keluarga. Dia adalah pelindung Royal Central School of Speech and Drama di London, yang menerima gaya kerajaannya pada tahun 2012 selama Queen's Diamond Jubilee. Dalam perannya sebagai presiden Sightsavers UK, sang Putri mengunjungi Washington D.C. pada bulan Oktober 2016 untuk menghadiri resepsi kemitraan konferensi Jaringan NGDO Penyakit Tropis yang Terabaikan. Pada bulan November 2016, satu bulan menjelang ulang tahun Alexandra yang ke-80, Ratu mengadakan resepsi di Istana Buckingham untuk menghormati karya badan amal Alexandra.

Pada Mei 2023, Alexandra muncul bersama anggota keluarga kerajaan lainnya yang bekerja dalam foto di Ruang Tahta dan di balkon Istana Buckingham setelah penobatan Raja Charles III, yang dia hadiri sebelumnya pada hari itu. Pada bulan Februari 2024, dia terlihat menggunakan kursi roda pada kebaktian syukur untuk Constantine II dari Yunani.

Gelar, Gaya, dan Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Gelar dan Gaya[sunting | sunting sumber]

  • 25 Desember 1936 – 24 April 1963: Her Royal Highness Putri Alexandra dari Kent[3]
  • 24 April 1963 – 31 Desember 1988: Her Royal Highness Putri Alexandra, Yang Terhormat Nyonya Angus Ogilvy[4][5]
  • 31 Desember 1988 – present: Her Royal Highness Putri Alexandra, Yang Terhormat Nyonya Ogilvy[6][7]

Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Foreign

Penamaan[sunting | sunting sumber]

  • The Princess Alexandra Auditorium, Yarm School.
  • The Alexandra Hospital in Redditch, Worcestershire is named after the Princess which she opened on 2 April 1987.
  • The Princess Alexandra Hospital in Harlow, Essex, was named by the Princess on 27 April 1965.[16]
  • The Princess Alexandra Hospital (formerly South Brisbane Hospital) was named by and in honour of the visit by the Princess to Queensland in 1959.
  • The Princess Alexandra Gardens at Leeds Castle[17] are named after her in honour of her involvement as Patron of the Leeds Castle Foundation
  • The Hong Kong Red Cross Princess Alexandra school, 8-9 Rehab Path, Kwun Tong, Kowloon, Hong Kong, a government subsidized special education boarding school, set up in 1962

Pengangkatan[sunting | sunting sumber]

Academic
Honorary academic degrees

Pengangkatan Kehormatan Militer[sunting | sunting sumber]

Kanada Canada
Britania Raya United Kingdom
Hong Kong Hong Kong

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The London Gazette. 28 December 1936. p. 8413
  2. ^ BBC. 29 February 1964. Retrieved 8 March 2008. The Ogilvy baby was one of several royal babies due within months of each other. The 9lb 6oz boy will be unique among them in having no title. Master Ogilvy is currently 13th in line to the throne but will soon be displaced to 16th
  3. ^ "No. 40020". The London Gazette (2nd supplement). 17 November 1953. hlm. 6225. 
  4. ^ "Orders of Chivalry". St George's Chapel. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 August 2008. 
  5. ^ a b "No. 47235". The London Gazette (2nd supplement). 10 June 1977. hlm. 7119. 
  6. ^ a b "No. 52834". The London Gazette (2nd supplement). 13 February 1992. hlm. 2582. 
  7. ^ "No. 62310". The London Gazette (2nd supplement). 9 June 2018. hlm. B4. 
  8. ^ a b Debrett's Peerage & Baronetage 2008, Debrett's, 2008, hlm. 97, ISBN 9781870520805 
  9. ^ "No. 42230". The London Gazette. 27 December 1960. hlm. 8869. 
  10. ^ "New members of the Order of the Garter announced". The official website of the British Royal Family. 23 April 2003. Diakses tanggal 11 April 2019. 
  11. ^ "Princess Alexandra - Biography". The official website of the British Royal Family. 13 January 2016. Diakses tanggal 20 June 2022. 
  12. ^ "Knights of the Orders of Chivalry". Debrett's. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 December 2011. Diakses tanggal 5 March 2012. Although HRH The Princess Royal and HRH Princess Alexandra, the Hon Lady Ogilvy, are both female they are actually included with the Royal Knights Companions and they bear the post-nominal letters KG (not LG) 
  13. ^ "This Day In History: November 21, 1966". 2018-03-19. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 March 2018. Diakses tanggal 2022-04-11. 
  14. ^ The Royal Family and the Armed Forces
  15. ^ The Canadian Forces Decoration
  16. ^ PAH Trust website
  17. ^ Court Circular: June 25, 2019
  18. ^ "Powder Horn" (PDF). The QOR of C. December 2010. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 24 June 2012. Diakses tanggal 17 July 2013. 
  19. ^ "The Colonel-in-Chief". The Rifleman Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 June 2013. Diakses tanggal 17 July 2013. 
  20. ^ "Colonel-in-Chief". The Canadian Scottish Regiment. Diakses tanggal 17 July 2013. 
  21. ^ "No. 40656". The London Gazette. 16 December 1955. hlm. 7071. 
  22. ^ Ilse, Jess (30 June 2021). "What is a royal ship sponsor?". Royal Central. Diakses tanggal 30 June 2021. 
  23. ^ a b The History of the Light Infantry
  24. ^ "No. 44633". The London Gazette (Supplement). 12 July 1968. hlm. 7848. 
  25. ^ "No. 47234". The London Gazette (Supplement). 11 June 1977. hlm. 7079. 
  26. ^ "No. 56777". The London Gazette (Supplement). 10 December 2002. hlm. 14986. 
  27. ^ "No. 44365". The London Gazette (Supplement). 14 July 1967. hlm. 7882. 
  28. ^ "No. 46542". The London Gazette (Supplement). 15 April 1975. hlm. 4820. 
  29. ^ "Appointment of New Royal Colonels". Royal.UK. 28 February 2006. Diakses tanggal 18 November 2019. 
  30. ^ "No. 44159". The London Gazette (Supplement). 1 November 1966. hlm. 11803. 
  31. ^ "No. 55974". The London Gazette (Supplement). 19 September 2000. hlm. 10420. 
  32. ^ Obituary


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan