Pangeran Edward, Adipati Kent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pangeran Edward, Adipati Kent, KG, GCMG, GCVO, CD, ADC (Edward George Nicholas Paul Patrick; lahir 9 Oktober 1935) adalah anggota Keluarga kerajaan Inggris. Dia adalah sepupu Ratu Elizabeth II melalui ayah mereka, Pangeran George, Adipati Kent dan Raja George VI. Ibu Edward, Putri Marina dari Yunani dan Denmark juga adalah sepupu suami sang Ratu, Pangeran Philip, Adipati Edinburgh, membuatnya menjadi sepupuan dengan Raja Charles III.[1]

Pangeran Edward
Adipati Kent
Kelahiran9 Oktober 1935 (umur 88)
Alun-Alun Belgrave 3, London, Inggris
WangsaWangsa Windsor
Nama lengkap
Edward George Nicholas Paul Patrick
AyahPangeran George, Adipati Kent
IbuPutri Marina dari Yunani dan Denmark
Pasangan
(m. 1961)
Anak
Karier militer
Dinas/cabangAngkatan Darat Inggris
Lama dinas1955–1976
PangkatMarshal Lapangan
NRP443787
KesatuanRoyal Scot Greys

Pangeran Edward telah menyandang gelar Adipati Kent selama lebih dari 81 tahun. Ia mewarisi gelar tersebut pada usia enam tahun, setelah kematian ayahnya dalam kecelakaan pesawat pada tahun 1942. Edward melakukan tugas atas nama Elizabeth II dan terlibat dengan lebih dari 140 organisasi amal. Dia adalah presiden Klub Tenis dan Kroket Lapangan Seluruh Inggris, mempersembahkan piala kepada juara dan runner-up Wimbledon, dan menjabat sebagai Perwakilan Khusus Inggris untuk Perdagangan dan Investasi Internasional, pensiun pada tahun 2001. Dia adalah presiden bersama The Scout Association, dan presiden Royal United Services Institute dan Royal Institution of Great Britain, dan sejak 1967 Grand Master United Grand Lodge of England. Adipati Kent telah menjadi Rektor Universitas Surrey sejak Juni 1976. Sebagian besar kegiatan amalnya berkisar pada peringatan perang, teknologi, dan pertumbuhan industri Inggris.

Kehidupan Awal dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pangeran Edward lahir pada tanggal 9 Oktober 1935, di No. 3 Belgrave Square, London, dari pasangan Pangeran George dan Putri Marina dari Yunani dan Denmark, Adipati dan Adipatni Kent. Menteri Dalam Negeri Sir John Simon hadir untuk memverifikasi kelahiran tersebut. Ayahnya adalah putra keempat Raja George V dan Ratu Mary. Ibunya adalah putri Pangeran Nicholas dari Yunani dan Denmark dan Grand Duchess Elena Vladimirovna dari Rusia. Ia dibaptis di Kapel Pribadi Istana Buckingham pada tanggal 20 November 1935 oleh Uskup Agung Canterbury Cosmo Lang. Wali baptisnya adalah kakek neneknya, Raja George V, Ratu Mary dan Pangeran Nicholas dari Yunani dan Denmark; serta Pangeran Wales; Putri Kerajaan, Adipati Connaught dan Strathearn (yang putranya, Pangeran Arthur dari Connaught, mewakilinya); dan Adipati Wanita Argyll.

Pangeran Edward memulai pendidikannya di Ludgrove, sebuah sekolah persiapan di Berkshire, sebelum melanjutkan ke Eton College dan kemudian Le Rosey di Swiss. Sepulang sekolah dia masuk Akademi Militer Kerajaan Sandhurst, di mana dia memenangkan hadiah Sir James Moncrieff Grierson untuk bahasa asing. Edward fasih berbahasa Prancis, dibesarkan di sebuah rumah di mana, menurut kata-kata adik laki-lakinya, Pangeran Michael dari Kent, ibu dan bibinya berbicara bahasa Prancis sebagai pilihan mereka.

Pada tanggal 25 Agustus 1942, ayah Pangeran Edward, Duke of Kent, terbunuh ketika pesawatnya jatuh dalam cuaca buruk di Caithness. Pangeran Edward, pada usia enam tahun, menggantikan ayahnya sebagai Adipati Kent, Earl of St Andrews dan Baron Downpatrick. Sebagai anggota keluarga kerajaan, Pangeran Edward mulai melakukan pertunangan sejak usia dini. Pada tahun 1952, pada usia 16 tahun, ia berjalan di belakang peti mati pamannya, George VI, di pemakaman kenegaraannya. Pada tahun 1953, ia menghadiri penobatan sepupunya, Elizabeth II, dan menjadi orang ketiga yang memberi penghormatan di singgasananya, setelah adipati Edinburgh dan Gloucester.

Karir Militer[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 29 Juli 1955, Adipati Kent lulus dari Royal Military Academy Sandhurst sebagai letnan dua di Royal Scots Greys, awal dari karir militer yang berlangsung lebih dari 20 tahun. Ia dipromosikan menjadi kapten pada 29 Juli 1961.

Dari tahun 1962 hingga 1963, Adipati Kent bertugas di Hong Kong, kemudian menjadi staf di Komando Timur. Ia dipromosikan menjadi mayor pada tanggal 31 Desember 1967. Pada tahun 1970, Duke memimpin satu skuadron resimennya di Siprus sebagai bagian dari Pasukan Penjaga Perdamaian PBB di Siprus. Pada awal tahun 1970-an, Duke juga bertugas sebentar di Irlandia Utara dengan resimennya. Terungkap dalam sebuah buku tahun 2022, bahwa Ratu melakukan intervensi pada tahun 1971 untuk mencegah penculikan sepupunya, Adipati Kent. Adipati yang saat itu berusia 35 tahun, seorang perwira Angkatan Darat di Royal Scots Grey, dikirim ke Irlandia Utara dengan unitnya tetapi Ratu memberi tahu Edward Heath, perdana menteri, selama audiensi pribadinya, dan dia menyampaikan peringatan kepada para menterinya. Perwira komandan diberitahu bahwa adipati tidak boleh dikirim ke Belfast tanpa perintah khusus. Beberapa minggu kemudian, dia dikirim kembali ke Inggris. Ia dipromosikan menjadi letnan kolonel pada tanggal 30 Juni 1973.

Adipati pensiun dari ketentaraan pada tanggal 15 April 1976. Ia kemudian dianugerahi pangkat kehormatan mayor jenderal pada tanggal 11 Juni 1983, dan marshal lapangan pada tanggal 11 Juni 1993.

Pernikahan dan Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Adipati dan Adipatni Kent, 2013

Di York Minster pada tanggal 8 Juni 1961 Duke of Kent menikahi Katharine Worsley, putri tunggal Sir William Worsley, Baronet ke-4, dari istrinya Joyce Morgan Brunner. Ia masuk agama Katolik pada tahun 1994, namun karena perpindahan agama tersebut terjadi setelah pernikahan mereka, hal ini tidak menyebabkan Adipati kehilangan tempatnya dalam garis suksesi, karena Undang-Undang Penyelesaian tahun 1701 hanya berlaku jika pasangannya beragama Katolik pada saat itu. pernikahan. Diskualifikasi menikah dengan seorang Katolik telah dihapuskan oleh Undang-Undang Suksesi Mahkota 2013.

Pasangan ini memiliki tiga anak yang masih hidup:

  • George, Earl of St Andrews, lahir 26 Juni 1962 di Coppins; menikah dengan Sylvana Tomaselli
  • Lady Helen Taylor, lahir 28 April 1964 di Coppins; menikah dengan Timotius Taylor
  • Lord Nicholas Windsor, lahir 25 Juli 1970 di Rumah Sakit King's College di London; menikah, 2006, Paola Doimi de Lupis de Frankopan

Katharine mengalami keguguran pada tahun 1975 karena rubella dan melahirkan seorang putra yang lahir mati, Patrick, pada tahun 1977.

Adipati dan Adipatni of Kent tinggal di Wren House, Istana Kensington, di London.

Pada tahun 2011, rekan dekat Jonathan Rees, seorang penyelidik swasta yang terkait dengan skandal peretasan telepon News International, menyatakan bahwa dia telah menembus rekening bank Edward dan Katharine.

Duke mengalami stroke ringan pada pagi hari tanggal 18 Maret 2013. Pada bulan April 2015, ia menderita cedera pinggul dan dirawat di rumah sakit di Aberdeen Royal Infirmary untuk perawatan lebih lanjut.

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Adipati Kent oleh Allan Warren, Potret gambar pada 1989

Adipati Kent melakukan pertunangan atas nama sepupunya, Ratu, selama lebih dari 50 tahun. Duke mewakili Ratu selama perayaan kemerdekaan di negara-negara Persemakmuran Sierra Leone, Uganda, Guyana, Gambia, dan Ghana, untuk memperingati perayaan ulang tahun kemerdekaannya yang ke-50. Ia juga bertindak sebagai Penasihat Negara selama periode ketidakhadiran Ratu di luar negeri.

Salah satu jabatan publik utama Adipati selama bertahun-tahun adalah wakil ketua British Trade International, yang sebelumnya dikenal sebagai Dewan Perdagangan Luar Negeri Inggris, dan kemudian sebagai Perwakilan Khusus Inggris untuk Perdagangan dan Investasi Internasional. Posisi ini membuat Adipati bepergian ke luar negeri untuk mewakili pemerintah Inggris dalam membina hubungan perdagangan dengan negara dan organisasi asing. Pangeran Andrew, Adipati York menggantikannya dalam posisi ini, yang sekarang dikenal sebagai Perdagangan & Investasi Inggris (atau UKTI), meskipun Pangeran Andrew mengundurkan diri dari jabatan tersebut pada tahun 2011. Ia juga merupakan wakil ketua Dewan Perdagangan Luar Negeri Inggris. Dalam kapasitas tersebut, ia menjadi anggota keluarga kerajaan pertama yang mengunjungi Tiongkok pada tahun 1979 dengan fokusnya pada Pameran Energi Inggris di Beijing.

Dari tahun 1971 hingga 2000, Adipati Kent menjadi presiden badan sepak bola Inggris, The Football Association. Adipati telah menjabat sebagai presiden The Scout Association sejak tahun 1975. Bersama dengan Pangeran William dari Wales, Adipati mengunjungi Centenary World Scout Jambore di Hylands Park, Chelmsford pada bulan Juli 2007. Ia juga menjabat sebagai presiden All England Lawn Tennis dan Croquet Club antara tahun 1969 dan 2021, posisi di mana ia menggantikan mendiang ibunya, Putri Marina, Duchess of Kent. Dia juga presiden Komisi Makam Perang Persemakmuran dari tahun 1970 hingga 2023. Peran lainnya termasuk presiden Dana Kebajikan RAF, Royal National Lifeboat Institution, Stroke Association, Royal United Services Institute, Royal Institution, British Racing Drivers ' Klub, dan pelindung American Air Museum di Inggris, Klub Golf Royal West Norfolk, Klub Kriket Kent County, Opera North, dan Konservatorium Musik dan Tari Trinity Laban. Dia juga merupakan panel penasihat untuk Medali Mountbatten dan menyerahkan medali tersebut setelah keputusan dibuat. Adipati Kent adalah salah satu Royal Fellows di Royal Academy of Engineering.

Selama hampir 29 tahun, Adipati telah menjadi pelindung Endeavour, sebuah organisasi pemuda nasional. Ia juga menjabat sebagai Pelindung Kerajaan The Honorable Society of Lincoln's Inn sejak tahun 2001, posisi yang sebelumnya ditempati oleh ayahnya. Pada tahun 2015, Duke menerima Hadiah Perdamaian Dresden atas "kontribusinya terhadap rekonsiliasi Inggris-Jerman."

Pada tanggal 2 Juni 2022, Duke muncul bersama Ratu di balkon Istana Buckingham selama Trooping the Color 2022 sebagai bagian dari perayaan Yubelium Platina.

Setelah kematian Ratu Elizabeth II, Adipati Kent menjadi keturunan tertua Raja George V yang masih hidup, dan keturunan terakhir yang lahir pada masa hidup George V.

Adipati adalah kolonel Pengawal Skotlandia selama lima puluh tahun dari 9 September 1974 hingga 14 April 2024, digantikan oleh Adipati Edinburgh. Pada saat pensiun, dia adalah kolonel terlama di resimen itu.

Gelar, Gaya, dan Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Gelar dan Gaya[sunting | sunting sumber]

  • 9 Oktober 1935 – 25 Agustus 1942: Yang Mulia Pangeran Edward dari Kent
  • 25 Agustus 1942 – Sekarang: Yang Mulia Adipati Kent

Pangkat Militer[sunting | sunting sumber]

Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Foreign[sunting | sunting sumber]

Civilian appointments[sunting | sunting sumber]

Wear of orders, decorations, and medals[sunting | sunting sumber]

The ribbons worn regularly by Edward in undress uniform are as follows:

Ribbons of the Duke of Kent
Grand Master and First and Principal Knight Grand Cross of the Order of St Michael and St George Knight Grand Cross of the Royal Victorian Order
United Nations Medal for the UNFICYP mission King George VI Coronation Medal Queen Elizabeth II Coronation Medal Queen Elizabeth II Silver Jubilee Medal
Queen Elizabeth II Golden Jubilee Medal Queen Elizabeth II Diamond Jubilee Medal Queen Elizabeth II Platinum Jubilee Medal King Charles III Coronation Medal
Army Long Service and Good Conduct Medal with three bars Canadian Forces' Decoration with three clasps Sierra Leone Independence Medal Guyana Independence Medal

With medals, Edward normally wears the breast stars of the Garter, St Michael and St George, and Royal Victorian Order. When only one should be worn, he wears the Order of the Garter star. Foreign honours are worn in accordance with British customs and traditions when applicable.

Pengangkatan Militer[sunting | sunting sumber]

Kanada Canada
Britania Raya United Kingdom

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ HRH The Duke of Kent; Vickers, Hugo (2022). A Royal Life. Hodder & Stoughton. ISBN 978-1529389708.
  2. ^ "No. 40593". The London Gazette (Supplement). 27 September 1955. hlm. 5427. 
  3. ^ "No. 41137". The London Gazette (Supplement). 30 July 1957. hlm. 4492. 
  4. ^ "No. 42422". The London Gazette (Supplement). 28 July 1961. hlm. 5561. 
  5. ^ "No. 44493". The London Gazette (Supplement). 2 January 1968. hlm. 75. 
  6. ^ "No. 46046". The London Gazette (Supplement). 7 August 1973. hlm. 9389. 
  7. ^ "No. 46877". The London Gazette (Supplement). 20 April 1976. hlm. 5659. 
  8. ^ "No. 49392". The London Gazette (Supplement). 21 June 1983. hlm. 8191. 
  9. ^ "No. 53342". The London Gazette (Supplement). 15 June 1993. hlm. 10183. 
  10. ^ Medal Yearbook 2021. Honiton, Devon: Token Publishing. 2021. hlm. 295. ISBN 978-1-908828-53-8. 
  11. ^ Medal Yearbook 2021. Honiton, Devon: Token Publishing. 2021. hlm. 295. ISBN 978-1-908828-53-8. 
  12. ^ Medal Yearbook 2021. Honiton, Devon: Token Publishing. 2021. hlm. 295. ISBN 978-1-908828-53-8. 
  13. ^ "Queen Elizabeth II Platinum Jubilee 2022 - The Lord Mayor's Reception For The National Service Of Thanksgiving". Getty Images. 3 June 2022. Diakses tanggal 4 June 2022. 
  14. ^ 䝪䞊䜲䝇䜹䜴䝖日本連盟 きじ章受章者 [Recipient of the Golden Pheasant Award of the Scout Association of Japan] (PDF). Reinanzaka Scout Club (dalam bahasa Jepang). 23 May 2014. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 11 August 2020. 
  15. ^ "Svenska Frimurare Orden". Archive. 25 June 2001. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 June 2001. Diakses tanggal 21 March 2013. 
  16. ^ Duke of Kent awarded Saxonian Order of Merit[pranala nonaktif permanen]
  17. ^ "The London Gazette 12 August 1966". The London Gazette (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 18 September 2022. 
  18. ^ "Chancellor". University of Surrey. Diakses tanggal 18 February 2022. 
  19. ^ "His Royal Highness Prince Edward, Duke of Kent KG GCMG GCVO ADC(P) FRS Royal Fellow". London: Royal Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 November 2015. 
  20. ^ "No. 47235". The London Gazette (Supplement). 11 June 1977. hlm. 7119. 
  21. ^ "No. 46455". The London Gazette (Supplement). 7 January 1975. hlm. 206. 
  22. ^ @MajestyMagazine (April 13, 2024). "The Duke of Kent, 88, in his 50th year as Colonel of the Scots Guards, is handing over the colonelcy of the regiment to the Duke of Edinburgh" (Tweet) – via Twitter. 
  23. ^ "No. 53555". The London Gazette (Supplement). 25 January 1994. hlm. 1087. 
  24. ^ "No. 53267". The London Gazette (Supplement). 6 April 1993. hlm. 6179. 
  25. ^ "No. 50204". The London Gazette (Supplement). 23 July 1985. hlm. 10113. 
  26. ^ "No. 54453". The London Gazette. 1 July 1996. hlm. 8917.